Perwira Polisi Tewas Tergilas Busway

Sabtu, 25 Februari 2012 – 13:21 WIB
LAGI-LAGI busway memakan korban jiwa manusia. Tak tanggung-tanggung korban di jalur busway koridor X, Jalan D.I. Panjaitan, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara,Jakarta Timur kemarin malam adalah Kepala Urusan Subbagian Perencanaan,  Administrasi, Sarana, dan Prasarana Mabes Polri, Komisaris Jonar Ambarita, 56. Korban tewas di tempat dengan kondisi yang mengenaskan.

Warga Bidara Cina, Jatinegara itu tubuhnya remuk setelah terlindas roda  bus Transjakarta bernopol B 7024 IS. Akhirnya petugas menahan sopir busway, Marlon Brando Manurung, 31, berikut kendaraannya di kantor Satlantaswil Jaktim. Sedangkan jenazah korban dievakuasi ke RSCM untuk divisum.
 
Beberapa saksi mata yang dimintai keterangan oleh petugas mengaku sebelumnya melihat Jonar masuk ke jalur busway dengan mengendarai sepeda motor Honda Revo B 6601 BUM, menuju arah Tanjung Priok. Lalu korban terjatuh saat tersenggol bus Transjakarta di dekat Halte Prumpung.

Kecelakaan itu juga berada dekat dengan halte busway Pedati Prumpung, Jakarta Timur. Dikatakan, kala itu korban baru saja masuk ke jalur busway koridor X Cililitan-Tanjung Priok dengan motornya.

Saat itu waktu menunjukkan sekitar pukul delapan.  Saat itu jalanan tak terlalu ramai kandaraan besar. Namun jalanan dipadati sepedamotor termasuk yang melintasi jalur busway.Bus Transjakarta bernopol B 7024 IS yang  baru saja berhenti di halte Pedati menyeruduk bagian samping belakang motor korban.

Pengendara motor sempat terhuyung-huyung lalu terjatuh di jalur busway. Yang sial, busway meski melaju dalam kecepatan sedang tetap bergerak maju tanpa menegrem sedikitpun. Rupanya sopir busway tak menyadari baru menyerempet dan menjatuhkan pengendara motor.

Tak ayal karena terus bergerak dab posisi yang berdekatan, tubuh korban terlindas oleh salah satu roda busway tersebut. Kepala korban juga tak luput terlindas roda bus hingga pecah. Darah segar seketika menggenangi jalur busway. Sopir baru berhenti setelah merasakan salah satu rodanya menggilas sesuatu yang tak wajar.
 
Tentu saja peristiwa itu membuat histeris para pengendara lain dan warga sekitar yang melihatnya. Tak lama kemudian, sejumlah massa bertampang berang tiba menghampiri busway. Namun sopir memilih tidak keluar dan mengunci pintu bus rapat-rapat karena takut diamuk massa.

Hingga tak lama kemudian, sopir berhasil diamankan oleh petugas halte busway yang datang berlarian. Hingga tak lama kemudian, polantas tiba di lokasi kejadian untuk mengambil alih pengamanan.
 
Saat itu, penumpang busway yang lumayan penuh diturunkan petugas dan pindah ke busway lain di belakangnya. Kasat Lantas  Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Sudarsono, menyatakan, pihaknya terus mendalami kecelakaan yang menewaskan perwira Polri itu.

"Penyelidikan perlu dikembangkan, terutama untuk menelusuri,dugaan korban masuk ke jalur khusus busway atau tidak sehingga menyebabkan meninggal dunia," paparnya. (dni)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sodomi Enam Anak di Bawah Umur

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler