Pesan Erick Thohir Saat Bertemu Mahasiswa Indonesia di AS

Jumat, 27 Mei 2022 – 22:04 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. Ilustrasi Foto: Dok. Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkesempatan bertemu sejumlah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Harvard dan Massachussets Institute and Technology (MIT), Amerika Serikat.

Erick Thohir menyebut para mahasiswa itu sebagai “New Blood” nya Indonesia sebagai generasi muda yang akan memimpin Indonesia ke depan.

BACA JUGA: Tak Segan Sikat Korupsi di BUMN, Erick Thohir Dinilai Layak Pimpin Indonesia

Oleh karena itu, Erick menekankan pentingnya membuat ekosistem dan pemerataan ekonomi.

“Sebuah kehormatan berdiskusi dengan pelajar-pelajar hebat. Bisa dibilang “new blood” nya Indonesia," ujar Erick Thohir dikutip dari akun Instagram @erickthohir, Jumat (27/5/2022).

BACA JUGA: Begini Peluang Erick Thohir di Pilpres 2024

Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu berpesan generasi muda menjadi salah satu kunci kemajuan ekonomi dengan menjawab segala dinamika yang terjadi.

Erick mengatakan di tangan para pemudanya bangsa Indonesia ini akan diarahkan ke mana.

BACA JUGA: Erick Thohir Dinilai Memiliki Idealisme yang Sama dengan Jokowi

“Dengan segala perubahan yang terjadi, ekonomi maju harus terwujud. Indonesia mau dibawa ke mana, ada di tangan mereka, dan kalian semua generasi muda," tegasnya.

Namun, Erick menyatakan untuk mempermudah generasi muda menyongsong Indonesia emas di tahun 2045, dirinya bertanggung jawab menyiapkan ekosistemnya sehingga ekonomi harus menjadi kekuatan bangsa Indonesia.

“Saya bertanggung jawab membangun ekosistemnya jangan bicara politik terus. Kita harus bicara ekonomi. Ekonomi menjadi kekuatan kita, baru bicara politik. Jangan di balik, bicara politik, ekonominya amburadul,” bebernya.

Dengan mengutamakan topik ekonomi, Erick berharap dapat mengurangi isu-isu tentang kesenjangan dan perbedaan.

Dia ingin memastikan ekonomi perlu dibangkitkan sesuai dengan targetnya.

“Kalau ekonominya baik, isu kesenjangan akan menurun," ucapnya.

Erick menyampaikan terkait ekonomi, berdasarkan studi BCG yang dilakukan di 3 negara, pekerjaan akan hilang dan tumbuh ke depannya. Namun, di Amerika Serikat diprediksi akan tetap hilang sebanyak 6,1 juta orang.

"Di Indonesia bagaimana? Untungnya kita secara ekonomi akan terus tumbuh sampai 2045, 5 persen. Berarti kita secara ekonomi akan menjadi nomor 4 di dunia,” ujar Erick.

Itu yang jadi alasan Erick banyak menyambangi kampus-kampus dan anak muda di lingkungan BUMN. Tujuannya guna mempersiapkan generasi muda.

"Nah, inilah alasan saya sering datang ke kampus-kampus dan saya bicara sama milenial di BUMN. Ini yang saya mau tantang bahwa kita harus berani mentransformasi pemikiran kita, dengan apa? Yang namanya new blood, saya bertanggung jawab membangun ekosistemnya," tegas Erick Thohir.(fri/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler