Pesta Bikin Jelek Fisik Pemain Inggris

Merokok dan Minum Alkohol, Otot pun Melemah

Rabu, 04 Agustus 2010 – 07:38 WIB
Misteri buruknya performa timnas Inggris di Piala Dunia (PD) 2010 terus dianalisaKali ini, kebiasaan Wayne Rooney dkk yang doyan dugem, disebut sebagai salah satu penyebab lemahnya kondisi fisik mereka di Afrika Selatan (Afsel).

BUKAN
rahasia lagi, pemain Inggris paling doyan menikmati kehidupan malam, jika dibandingkan dengan pemain-pemain Eropa lainnya

BACA JUGA: Kenny Janjikan Bintang dan Stadion

Mereka selalu punya alasan untuk berpesta
Dugem bukan saja ajang untuk merayakan sesuatu, tapi lebih sebagai sarana penghilang stres.

Ambil contoh, ketika Steven Gerrard terlibat adu pukul dengan seorang penguasaha di klab malam tahun lalu

BACA JUGA: Siapakah Kenny Huang?

Saat itu, kapten Liverpool tersebut tengah berpesta dengan sejumlah rekan setimnya yang berasal dari Inggris
Penggawa asing The Reds - sebutan Liverpool - seperti Javier Mascherano atau Dirk Kuyt terbilang jarang tampil di klab.

Contoh lain, ketika penggawa muda Arsenal tengah merayakan sukses menjuarai Emirates tahun lalu di tempat dugem

BACA JUGA: The Reds Ditawar Pengusaha Hong Kong

Saat itu, hanya pemain-pemain lokal seperti Theo Walcott yang merasa homey di kelabPemain lain seperti Cesc Fabregas, Andrei Arshavin, dan Nicklas Bendtner justru dikritik lantaran salah kostumItu saja cukup menjadi gambaran bahwa pemain-pemain non Inggris memang tidak berpesta sesering koleganya yang asli Inggris.

Yang bikin efek dugem kian parah, kebiasaan di kelab sering terbawa hingga keluarBagi Rooney dkk, rokok dan minuman keras seolah sudah menjadi konsumsi sehari-hariLihat saja sederet foto yang dilansir Daily Mail kemarinFoto itu menunjukkan betapa lekatnya pemain Inggris dengan rokok dan minuman keras.

Ada gambar Rooney sedang berenang sambil membuang abu rokok ke asbak yang telah disiapkan di tepi kolamAda  pula foto gelandang muda Aaron Lennon yang tengah asyik mengisap cerutu besarWayne Bridge dan Ashley Cole tertangkap kamera sedang merokok sambil berjalan-jalan.

"Rokok punya efek negatif yang lebih besar buat olahragawan, ketimbang buat orang awamSaya tidak tahu kenapa mereka masih menghisapnyaKarir mereka bisa menguap bersama asapnya," ungkap Mark Leather, mantan fisioterapis Liverpool, kepada Daily Mail"Bahkan efek buruknya bisa langsung dirasakan, karena berhubungan dengan otot," lanjutnya.

"Kalau pemain bola rutin merokok, aliran udara dalam darah mereka bisa terhambatOksigen sulit beredar ke seluruh tubuh, termasuk ke otot-ototMasalah pernapasan juga tinggal menunggu waktu untuk muncul," papar pria yang juga dosen spesialis cedera olahraga di Edge Hill University, Lanchashire tersebut.

Alkohol juga punya efek langsung yang mengerikanSetelah diminum, alkohol akan mengendap dalam tubuh selama tiga hari sesudahnyaEndapan itu akan memblokir aliran air dan oksigen dari minuman lainnyaAlhasil, pusing, hilang konsentrasi, dan pandangan kabur jadi santapan sehari-hari pemain yang doyan minum birPadahal, jika otot tidak mendapat suplai cairan, mereka akan meleman, dan gampang terserang cedera.

"Pelatih (Fabio) Capello bilang kondisi fisik yang bikin pemainnya loyo di Piala DuniaDia menyalahkan jadwal Premier LeagueMungkin harusnya dia menyalahkan kebiasaan buruk anak buahnya yang terlalu gemar berpesta dan merokok," tukas Leather.

Sebenarnya, Rooney pernah berjanji memperbaiki gaya hidupnyaTerutama ketika putra pertamanya, Kai, hadir ke dunia September silamDia menyatakan bakal mengurangi dugem dan kebiasaan buruk lainnya agar bisa menjadi panutan baik buat sang anakKenyataannya, janji itu belum sepenuhnya dipenuhiHanya frekuensi dugemnya yang sedikit berkurang.

Alhasil, Rooney adalah penggawa Three Lions - sebutan Inggris - yang penampilannya paling parah di AfselSetelah menggila di Premier League dengan mencetak 26 gol buat Manchester United, striker berusia 24 tahun itu gagal membuat sebiji gol pun untuk Inggris di Piala DuniaBisa ditebak, dengan striker utama yang mandul, Inggris tersingkir secara menyakitkan di 16 Besar.

"Sebenarnya gaya hidup saya sudah berubah banyakSaya hanya dugem beberapa kali dalam setahunSaya juga tidur lebih cepat," ungkap Rooney kepada Daily Mail"Setelah latihan, saya juga langsung pulang, tidak ngeluyur ke mana-manaSaya ingin segera bertemu Coleen dan KaiSaya pikir, itu contoh yang baik buat anak saya," tambahnya(na/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Pemain Timnas Bakal Terdepak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler