Pesta Gol, Chelsea Melaju Perempat Final FA Cup

Gilas Southampton 1-5

Minggu, 06 Januari 2013 – 02:24 WIB
PESTA PERTAMA: Demba Ba, pemain baru Chelsea usai mencetak gol di kandang Southampton dalam lanjutan Piala FA Sabtu (5/1). FOTO: Ist
SOUTHAMPTON - Juara bertahan FA Cup Chelsea menyingkirkan tuan rumah Southampton di babak III FA Cup di Stadion St Mary’s, Sabtu (5/1). Di pertandingan ini Chelea mempermalukan tuan rumah dengan skor telak 5-1. Dengan hasil ini Chelsea berhak melaju ke babak keempat yang akan berlangsung mulai 26 Januari mendatang.

Kemenangan Chelsea juga diwarnai debut cemerlang Demba Ba. Pemain yang baru ditransfer dari Newcastle United itu menciptakan dua gol di pertandingan ini.

Pelatih Rafael Benitez langsung menurunkan Demba Ba, sementara Fernando Torres dibangkucadangkan. Di lini tengah, Benitez memasang duet Juan Mata-Edin Hazar yang dijadikan cadangan saat Chelsea takluk 0-1 dari Quens Park Rangers, Minggu lalu.

Hingga 20 menit pertandingan berjalan, Chelsea belum menemukan irama permainan terbaiknya. Sebaliknya Southampton yang lebih banyak menunggu, justru unggul lebih dulu lewat Jay Rodriguez di menit 22.

Gol ini berawal dari serangan balik cepat yang dilancarkan Southampton. Jay yang lepas dari penjagaan barisan pertahanan Chelsea, langsung berhadapan dengan penjaga gawang Turnball. Dengan sekali sentuhan Rodriguez menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Chelsea yang tertinggal mencoba untuk menyamakan kedudukan. Menit ke-30 Edin Hazard mendapat peluang, sayang tendangannya dari luar kotak penalti masih melenceng.

Demba Ba akhirnya menyamakan kedudukan di menit 35. Berawal dari kerjasama Hazard dan Mata di sisi kanan pertahanan Southamton, Mata kemudian merangsek ke kotak penalti. Setelah mengelabui kiper, Mata mengarahkan bola ke Demba Ba yang tinggal menceploskan bola.

Saat babak pertama sepertinya akan berakhir imbang, Victor Moses membalikan kedudukan menjadi 2-1. Gol ini tidak lepas dari umpan Ashley Cole di sayap kiri permainan Chelsea.

The Blues tidak mengendurkan serangan di babak kedua. Baru berjalan 7 menit, Chelsea sudah menambah keunggulan lewat sundulan Branislav Ivanovic.

Kredit point tersendiri dialamatkan kepada Juan Mata yang menjadi kreator terciptanya gol. Beraksi di sisi kanan pertahanan lawan, Mata melewati seorang pemain belakang Southampton untuk kemudian melakukan crossing. Di mulut gawang sudah menunggu Ivanovic yang dengan satu sundulan kembali membuat penjaga gawang Southampton tak berdaya. 3-1 untuk Chelsea.

Demba Ba mencetak gol keduanya atau yang keempat buat Chelsea saat pertandingan berusia 61 menit. Kali ini, Ba memanfaatkan umpan Hazard dengan tendangan menyusur tanah.

Frank Lampard yang masuk menggantikan Ivanovic menutup pesta gol Chelsea di menit 83 melalui tendangan penalti. Hadiah penalti diberikan setelah salah satu pemain Southampton handsball di kotak terlarang. (abu/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Babak I, Sriwijaya FC Tertinggal 0-1 Atas Persiba

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler