Petualangan Seru Anak-Anak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kamis, 01 Agustus 2024 – 08:22 WIB
Permainan seru penuh tantangan bertema Bye Bye Kuman itu diikuti oleh puluhan anak. Foto: dok. OT

jpnn.com, JAKARTA - Formula Junior melakukan edukasi kesehatan gigi dan mulit dengan cara seru dan menyenangkan di area playground Minitopia, Mal Neo Soho Jakarta.

Permainan seru penuh tantangan bertema “Bye Bye Kuman” itu diikuti oleh puluhan anak pengunjung Minitopia.

BACA JUGA: Datangi Kampung Pemulung, Dustin Tiffani Ingatkan Menjaga Kesehatan Gigi

“Belajar sambil bermain merupakan metode efektif untuk menyampakain pesan positif kepada anak,” kata kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group (Formula Oral Care) Salma keterangannya, Kamis (1/8).

Melalui wahana Bye-Bye Kuman, anak-anak diberi tantangan menyelesaikan serangkaian permainan.

BACA JUGA: Tip agar Anak Suka Menggosok Gigi, Mudah Banget

Di setiap tahapan permainan mereka berinteraksi dengan hal-hal seputar kesehatan gigi dan mulut. Di antaranya menyikat gigi dengan baik dan benar dan simulasi melawan kuman.

"Permainan ini berupa kegiatan fisik sehingga melibatkan aspek sensory, motorik, dan visual anak,” tambah Harianus.

BACA JUGA: 4 Pengobatan Alami yang Ampuh Redakan Sakit Gigi dengan Cepat

Selain menggunakan permainan interaktif, Formula Junior juga menggunakan karakter-karakter lucu untuk menyampaikan pesan-pesan tentang kesehatan gigi dan mulut kepada anak.

Menurut Harianus, karakter-karakter ini membantu menyampaikan pesan dalam bentuk story telling sehingga anak-anak tidak mudah bosan dan lebih mudah mencerna hal-hal seputar kesehatan gigi dan mulut.

"Dunia anak penuh imajinasi, sehingga kami menggunakan sejumlah karakter imajiner dalam wujud tokoh dinosaurus dan peri. Ada Terro, Cera, Brody, Rexie, Stella, dan peri Ellie," tuturnya.

Dental Expert dari Jakarta, Faizzah Ijtihadyah yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan pentingnya memperhatikan kesehatan gigi dan mulit serak dini.

Dia juga berbagi rahasia kepada anak-anak yang telah berhasil menyelesaikan tantangan permainan Bye-Bye Kuman tentang bagaimana memiliki gigi yang kuat dan sehat.

Pertama, rajin menyikat gigi dua kali sehari dan ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Kedua, menyikat gigi dengan cara yang benar.

Ketiga, menggunakan sikat dan pasta gigi sesuai usia, serta sebaiknya menggunakan pasta gigi dengan teknologi System Protective Layer (SPL).

"Keempat, kontrol setiap enam bulan ke dokter gigi. Kelima membatasi minuman dan makanan manis serta asam.” Papar Faizzah. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler