Piala AFF U-19, Shin Tae Yong: Target Kami Juara!

Rabu, 22 Juni 2022 – 07:59 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. Foto: arsip JPNN/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Shin Tae Yong menargetkan Timnas U-19 Indonesia menjadi juara Piala AFF U-19 2022. 

Pelatih Tim Nasional U-19 Indonesia Shin Tae Yong menargetkan skuadnya menjadi juara Piala AFF U-19 2022. Terlebih lagi, Indonesia menjadi tuan rumah turnamen tersebut. 

BACA JUGA: Shin Tae Yong Panggil Rabbani Tasnim ke Timnas U-19, Farid Abubakar Bangga

"Target kami juara karena Indonesia juga tuan rumah," ujar Shin Tae Yong di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (21/6). 

Piala AFF U-19 2022 akan digelar pada 2-15 Juli 2022 di dua wilayah Indonesia, yakni Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat. 

BACA JUGA: 2 Pelatih Asal Korsel Ikut Bersaing di Piala Asia 2023, Ini Tanggapan Shin Tae Yong

Pada turnamen itu, Indonesia berada dalam Grup A bersama Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam dan Filipina.

Thailand merupakan pemegang lima gelar juara turnamen.

BACA JUGA: 3 Pemain Keturunan Belanda Belum Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF U-19, Ini Penyebabnya

Myanmar punya dua gelar juara.  

Vietnam serta Indonesia masing-masing sudah merasakan sekali juara. 

Indonesia menjadi kampiun pada 2013 saat dilatih oleh Indra Sjafri.

Pertandingan pertama Indonesia pada Piala AFF U-19 2022 bergulir pada Sabtu (2/7).

Pertandingan pertama Indonesia pada Piala AFF U-19 2022 bergulir pada Sabtu (2/7) melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 20.30 WIB.

Timnas Indonesia akan melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 20.30 WIB.

Shin Tae Yong yakin performa anak-anak asuhnya akan terus membaik seiring latihan yang rutin mereka lakukan.

Timnas U-19 juga sudah memiliki modal bagus lantaran mereka pernah menjalani pemusatan latihan (TC) serta menuntaskan beberapa laga uji coba di Turki dan Korea Selatan.

Terkini, skuad berjuluk Garuda Nusantara berlaga di kompetisi usia muda internasional, Turnamen Toulon di Prancis, tepatnya pada Mei sampai awal Juni 2022.

Namun, ketika itu, Timnas U-19 Indonesia ditangani oleh asisten Shin Tae Yong, Dzenan Radoncic,  karena Shin fokus membesut timnas senior Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023.

"Kalau melihat performa mereka dari televisi, sangat baik. Saya percaya ke depannya tim ini akan terus berkembang," tutur Shin. 

Fokus Peningkatan Kondisi Fisik 

Shin Tae Yong fokus meningkatkan kondisi fisik anak-anak asuhnya menjelang turnamen Piala AFF U-19 2022. 

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan kebugaran pemainnya belum maksimal setelah mengikuti Turnamen Toulon pada Mei sampai awal Juni 2022.

"Kondisi fisik pemain belum baik. Jadi kami fokus membenahi itu sekaligus sentuhan mereka terhadap bola," ujar Shin seusai memimpin latihan anak-anak asuhnya di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (21/6). 

Menurutnya, materi fisik akan diberikan sepanjang satu minggu ke depan, termasuk dengan latihan beban (weight training).

Setelah itu, skuad "Garuda Nusantara" akan menelan materi pengondisian pertandingan agar mereka siap bertempur pada laga pertama Piala AFF U-19 2022.

"Itu supaya kami fokus ke pertandingan," tutur Shin.

Shin Tae-yong sendiri memanggil 30 pemain untuk mempersiapkan diri menuju turnamen itu. 

Selain mereka, tiga pemain keturunan berkewarganegaraan Belanda yaitu Jim Croque, Kai Boham dan Max Christoffel juga turut berlatih.

Belum Bermain

PSSI memastikan para pemain Belanda keturunan Indonesia tidak akan bermain di Piala AFF U-19 2022 pada 2-15 Juli, meski mereka sudah ikut berlatih bersama skuad "Garuda Nusantara".

"Status mereka saat ini, Shin masih ingin melihat kemampuan dan kualitas mereka saja," ujar Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Menurut Indra Sjafri, para pemain itu akan diupayakan untuk menjadi WNI jika performa mereka dianggap memadai oleh pelatih Shin Tae-yong.

"Kalau Shin mengatakan oke, kami akan mengajukan mereka untuk menjadi WNI," tutur pria yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 itu.

Apa yang disampaikan Indra Sjafri diamini oleh Shin Tae Yong.

"Untuk kali ini, memang saya mau langsung mengecek kemampuan mereka. Saya memanggil mereka untuk melihat performanya," kata Shin. 

Sementara soal satu nama keturunan lain yang rencananya akan dipanggil juga untuk memperkuat timnas U-19 yakni Ivar Jenner, Shin belum dapat memberikan kabar pasti.

"Belum ada kabar terbaru. Belum ada tambahan pemain luar negeri lain untuk datang ke sini," ujar Shin Tae Yong.  (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler