Piala AFF U-22, Anda Yakin Timnas Indonesia Mampu Kalahkah Kamboja?

Jumat, 22 Februari 2019 – 14:50 WIB
Suporter Timnas Indonesia. Ilustrasi Foto: Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com, PNOM PENH - Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri memastikan bakal menampilkan skuat terbaiknya dalam laga penentuan melawan Kamboja di laga pamungkas grup B Piala AFF U-22 di National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2) malam, siaran langsung RCTI pukul 18.30 WIB.

Berkaca pada dua laga sebelumnya, saat Indonesia imbang 1-1 lawan Myanmar dan 2-2 melawan Malaysia, Indra Sjafri sudah memiliki pandangan siapa yang akan menjadi starter.

BACA JUGA: Piala AFF U-22: Lawan Kamboja, Timnas Indonesia Tampil Habis-habisan

Memang, Indra Sjafri belum membocorkan nama-nama pemain yang akan diturunkan dari menit awal. Hanya, hasil apik lawan Malaysia, dengan mampu unggul dua kali, akan menjadi kredit tersendiri untuk komposisi di lini depan.

BACA JUGA BRO: Piala AFF U-22, Kamboja vs Timnas Indonesia: Lupakan Catatan Kemenangan

BACA JUGA: Piala AFF U-22, Kamboja vs Timnas Indonesia: Lupakan Catatan Kemenangan

Artinya, Indra harus bisa memainkan pemain-pemain kuat di striker tunggal seperti Marinus Wanewar, tapi juga memaksimalkan Papua connection di posisi winger.

BACA JUGA: Sinyal McMenemy Bakal Ada Pemain Timnas U-22 Ditarik ke Senior

Kombinasi ini diyakini bisa membuat lini serang Garuda Muda lebih kreatif dan hidup. Wingernya akan menarik kalau ditempatkan Osvaldo Haay dan Rivaldo Ferre.

Kemudian, di tengah, peran Witan Sulaeman yang mengisi pos Gian Zola saat ditarik terlihat mumpuni. Dia akan bekerja sama dengan Luthfi Kamal. Namun, untuk gelandang bertahan, diperlukan pemain yang benar-benar bisa menjaga kedalaman skuat.

Menghadapi Kamboja yang akan bermain mengandalkan kecepatan pergerakan tanpa bola dan serangan lewat tengah, sosok Rafli Syarahil lebih pas dibandingkan dengan Hanif Sjahbandi.

Hanya, dari sisi pengalaman dalam laga penuh tekanan seperti ini, Hanif memang lebih teruji. Sebab, di Arema FC, dia kerap berada dalam situasi tertekan.

Di belakang, kombinasi Andi Setyo dan Rachmat Irianto, tampakya perlu penyegaran. Nurhidayat bisa dicoba diduetkan dengan Andy ataupun sebaliknya, mencadangkan Andy.

BACA JUGA: Piala AFF U-22: Lawan Kamboja, Timnas Indonesia Tampil Habis-habisan

Di bawah mistar, Indra tak boleh coba-coba. Sosok Awan Setho harus tetap dipertahankan, karena Satria Tama sebelumnya juga sempat melakukan kesalahan.

Sementara itu, untuk sang lawan, Kamboja, besar kemungkinan akan turun dengan skuat terbaiknya. Mereka tentu tak ingin malu di hadapan publik sendiri dan ingin menang. Dengan kemenangan, mental mereka pasti terangkat jelang laga semifinal.

Hanya, Indra Sjafri juga bisa berharap, Kamboja memainkan pemain lapis keduanya. Karena dengan kepastian sudah lolos ke semifinal dan menjuarai Grup B, mereka bisa mengirit tenaga dan menyimpannya untuk menghadapi tim kuat, Thailand di semifinal. (dkk/jpnn)

Perkiraan Pemain Kamboja vs Indonesia

Indonesia U-22 (4-3-3)
Awan Setho (gk); Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Nurhidayat, Firza Andika; Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi, Witan Sulaeman; Todd Rivaldo Ferre, Marinus Wanewar, Osvaldo Haay

Kamboja (4-3-3)
Hul Kimhuy (gk); Seut Baraing, Yue Safy, Ouk Sovann, Sin Sophanat; Mat Sakrovy, Tes Sambath, In Sodavid; Sin Kakada, Khieng Menghour, Sieng Chanthea

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terungkap Alasan Pahang FA tak Izinkan Saddil Gabung Timnas U-22


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler