Piala Dunia 2022: Jepang Menang, 2 Kandidat Juara Dibikin Tak Berdaya, Ada yang Unik

Jumat, 02 Desember 2022 – 09:33 WIB
Para pemain Jerman tertunduk kecewa di Stadion Al-Bayt Stadium di Al Khor, Doha, pada 1 Desember 2022, setelah dipastikan gagal masuk 16 besar Piala Dunia 2022. Photo by FRANCK FIFE /AFP

jpnn.com - JAKARTA - Piala Dunia 2022: Jepang Menang, 2 Kandidat Juara Dibikin Tak Berdaya, Ada yang Unik.

Jepang kembali mencengangkan dalam Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Spanyol 2-1 pada pertandingan terakhir di Grup E di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Jumat (2/12) dini hari.

BACA JUGA: Piala Dunia 2022: Jerman Tersingkir, Komentar Thomas Mueller Menyayat Hati

Sebelumnya, pada laga pertama Grup E, Jepang mampu menumbangkan Jerman, si juara Piala Dunia empat kali.

Ada yang unik, yakni dua pemain yang memasukkan gol ke gawang Spanyol adalah juga dua pemain yang membobol gawang Jerman.

BACA JUGA: Luis Enrique Bongkar Penyebab Spanyol Takluk dari Jepang, Ternyata!

Hasil itu menempatkan Jepang di posisi teratas dalam grup neraka yang dihuni dua mantan juara dunia, Spanyol dan Jerman.
Perjuangan Jepang Dramatis

Kemenangan Jepang tersebut juga mengusir Jerman lebih awal dari Piala Dunia seperti terjadi dalam edisi empat tahun lalu di Rusia.

BACA JUGA: Kosta Rika vs Jerman: Senyum Hansi Flick di Tengah Kegetiran

Selama beberapa menit yang mendebarkan Spanyol sepertinya sudah siap keluar ketika Kosta Rika sempat mengungguli Jerman dalam pertandingan Grup E lainnya.

Namun, juara dunia edisi 2010 itu lolos dari kegelisahan setelah Jerman balik mengalahkan Los Ticos setelah sempat tertinggal 1-2 untuk berbalik menjadi 4-2.

Spanyol dan Jerman masing-masing mengumpulkan empat poin sampai laga terakhir ini, tetapi La Roja yang berhak ke 16 besar karena memiliki selisih gol jauh lebih baik.

Alvaro Morata membawa Spanyol unggul lebih dulu lewat gol dari sundulannya pada sebelas menit pertama.

Jepang secara dramatis membalas pada awal babak kedua lewat Ritsu Doan dan Ao Tanaka.

Ritsu Doan dan Ao Tanaka merupakan pemain yang juga mencetak kedua gol Jepang saat mengalahkan Jerman dalam laga pertama.

Samurai Biru secara sensasional bangkit dan berbalik menang 2-1.

Gol Tanaka pada menit ke-51 termasuk sangat kontroversial setelah VAR memutuskan Kaoru Mitoma mempertahankan bola yang terlihat sudah keluar garis permainan.

Dalam laga itu Spanyol kesulitan menciptakan peluang akibat kokohnya pertahanan Jepang saat-saat terakhir di mana tim Asia ini berusaha keras menghindari kebobolan yang bisa memulangkan mereka lebih cepat dari turnamen Qatar ini.

Segera setelah wasit meniup panjang peluitnya, pemain-pemain Jepang larut dalam ekstasi besar merayakan kemenangan sensasional kedua yang membuat mereka terkirim ke 16 besar Piala Dunia yang keempat kalinya mereka lakukan.

Jepang akan menantang Kroasia dalam babak 16 besar, sedangkan Spanyol menghadapi Maroko.

Jerman Tersingkir

Jerman gagal ke babak 16 besar untuk kedua kalinya secara beruntun meski mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2.

Gol Jerman diciptakan oleh Serge Gnabry pada menit ke-10, Kai Havertz pada menit 73 dan 85, serta dan Niclas Fullkrug dalam menit ke-89.

Sedangkan dua gol Kosta Rika dibuat oleh Yeltsin Tejeda pada menit 58 dan Juan Pablo Vargas pada menit 70.

Hasil dua pertandingan terakhir Grup E membuat Jepang memuncaki klasemen dengan 6 poin, sedangkan Spanyol dan Jerman mengemas 4 poin dan hanya dibedakan oleh selisih gol yang sialnya tidak berpihak kepada Jerman. (antara/sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler