Piala Dunia 2022 Mulai, Ekuador Langsung Redam Euforia Qatar

Senin, 21 November 2022 – 01:59 WIB
Selebrasi tim Ekuador di Piala Dunia 2022. Foto: Twitter/@FIFAWorldCup

jpnn.com - Ekuador meraih kemenangan di laga pembuka Piala Dunia 2022 dari tuan rumah, Qatar.

Berlaga di Stadium Al Bayt Al Khor, Minggu (20/11) malam WIB, Ekuador menang dengan skor 2-0 atas Qatar.

BACA JUGA: Lukaku Dipastikan Tak Tampil di Fase Grup Piala Dunia 2022

Pada pertandingan ini, tim asuhan Gustavo Alfaro mengambil inisiatif penyerangan sejak awal laga.

Strategi tersebut sempat berjalan efektif mengingat Ekuador langsung mencetak gol pembuka saat laga baru berjalan tiga menit melalui Enner Valencia.

BACA JUGA: Piala Dunia 2022 Dibuka dengan Lantunan Ayat Suci Al-Quran dari Qari Difabel

Sayang gol dari Fenerbahçe itu dianulir oleh wasit Daniele Orsato mengingat Michael Estrada yang memberikan umpan terlebih dahulu terperangkap offside.

Ekuador yang memburu gol cepat akhirnya membuka skor melalui Valencia lewat tendangan penalti di menit ke-16.

BACA JUGA: Masih Mengidolakan Ronaldo, Pemain Bali United Ini Jagokan Portugal di Piala Dunia

Berawal dari serangan balik cepat Ekuador, umpan terobosan dari lini tengah mampu diterima Valencia di depan gawang Qatar. 

Mantan pemain Everton itu kemudian tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Qatar, Saad Al Sheeb sebelum akhirnya dilanggar.

Eksekusi tendangan 12 pas Valencia mampu mengecoh Al Sheeb mengubah skor 1-0 sementara untuk keunggulan Ekuador atas Qatar.

Melansir dari Opta, gol Valencia dari titik putih menjadi gol pembuka pertama lewat tendangan penalti sejak perhelatan Piala Dunia digelar.

Ekuador bisa memperlebar kedudukan di laga ini lagi-lagi melalui Valencia seusai menerima umpan matang dari Angelo Preciado dari sisi kanan.

Dua gol pemain kelahiran 4 November 1989 itu di laga ini membuat dirinya tercatat telah mencetak lima gol saat tampil di Piala Dunia. 

Tercatat hanya butuh satu gol lagi untuk Valencia menyamai rekor milik Eusebio (1966), Oleg Salenko (1994) dan Paolo Rossi (1982) yang telah mencetak enam gol beruntun di Piala Dunia.

Hingga akhir laga, skor 2-0 untuk keunggulan Ekuador atas Qatar bertahan hingga wasit Daniele Orsato meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan hasil ini, Ekuador untuk sementara memimpin klasemen Grup A dengan raihan tiga poin.

Kemenangan tersebut menjadi modal berharga mengingat tim berjuluk La Tricolor melawan Belanda, Jumat (25/11) malam WIB.

Adapun untuk Qatar kekalahan di laga ini membuat tim asuhan Felix Diaz berada di posisi juru kunci.

Akram Afif cum suis harus menang saat menjamu Senegal di partai kedua, Jumat (25/11) malam WIB untuk memelihara peluang lolos ke babak kedua turnamen akbar sepak bola dunia tersebut. (opta/mcr16/jpnn)

Susunan pemain Qatar vs Ekuador

Qatar (5-3-2): Saad Abdullah; Pedro Miguel, Al Rawi, B. Khoukhi, A. Hassan, H. Ahmed; Hasan Al Heidos/Mohammed Waad (72), Karim Bouflaf, Andelaziz Hatem; Akram Afif, Almoez Ali

Pelatih: Felix Diaz

Ekuador (4-3-3): Ismael Galindez; Angelo Preciado, Felix Torres, Piero Hincapie, Pervis Estupinan; Gonzalo Pleta, Jhegson Mendez, Moises Caicedo/Alan Franco (90); Michael Estrada/Kevin Rodriguez (90), Enner Valencia, Romario Ibarra/Jeremy Sarmiento (68), Enner Valencia/Jose Cifuentes (77)

Pelatih: Gustavo Alfaro


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler