Pilgub Papua 14 Agustus 2012

Selasa, 01 Mei 2012 – 23:23 WIB

JAKARTA - Setelah terkatung-katung sekitar 9 bulan, jadwal pemilihan gubernur Papua akhirnya ditetapkan. Pengumuman dan penndaftaran pasangan calon dijadwalkan 7 hingga 13 Mei 2012. Sedang proses seleksi calon dilakukan 14 hingga 20 Mei 2012 mendatang. Sedang untuk pemungutan suara ditetapkan 14 Agustus 2012.

Penetapan jadwal ini berdasarkan kesepakatan hasil pertemuan Majelis Rakyat Papua (MRP) dan DPRD Papua, dengan Mendagri Gamawan Fauzi di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa  (1/5).

"Pengumuman pendaftaran 7 hingga 13 Mei 2012, seleksi 14 hingga 20 Mei," ujar Ketua Pansus Pilgub DPR Papua, Ruben Magai, saat memberikan keterangan pers usai pertemuan. Hadir juga Pokja Perempuan MRP, Ciska Abugao.

Ruben mengatakan, dalam proses pendaftaran dan verifikasi calon itu, nantinya akan ada tim supervisi dari pusat, yang melibatkan kemendagri dan KPU Pusat.

Sedang Ketua MRP, Timutius Murip, mengatakan, jadwal ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat Papua. Dia berharap masyarakat tidak terprovokasi. "Masyarakat jangan terprovokasi oleh kelompok mana pun karena jadwal ini sudah resmi," ujar Murip.

Sedang pjs Gubernur Papua, Syamsul Arief Rifai, menjelaskan, jadwal pilkada gubernur Papua ini sudah ditetapkan dan sudah dilaporkan ke Mendagri Gamawan Fauzi. "Dan keluarlah keputusan hari ini," imbuhnya.

Ruben Magai lebih lanjut menjelaskan, DPR Papua nanti tugasnya mengumumkan pendaftaran pasangan calon, sekaligus melakukan verifikasi persyaratan administrasi.

Setelah dinyatakan memenuhi syarata, disampaikan ke MRP, yang akan memberikan pertimbangan dan persetujuan mengenai syarat orang asli Papua.

Begitu dinyatakan penuhi persyaratan, lanjutnya, dikembalikan lagi ke DPRP untuk diparipurnakan dan ditetapkan sebagai cagub. Setelah ditetapkan sebagai sebagai cagub, diserahkan ke KPU untuk pengundian nomor urut hingga penetapan calon terpilih. Setelah ada calon terpilih, diserahkan ke DPRP, yang selanjutnya mengusulkan ke Presiden melalui mendagri untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan.

Sedang Kapuspen Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, menambahkan, "Untuk pemungutan suara 14 Agustus 2012." Ditegaskan juga, Syamsul Arief Rivai masih terus menjabat hingga terpilihnya gubernur definitif hasil pilgub. (sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Temui Konstituen, Kader Demokrat Gandeng Anas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler