Pilih Bertahan, Ellyas Pical vs Rusli Zainal Berakhir Seri

Sabtu, 22 Januari 2011 – 18:29 WIB
Pertarungan tinju antara Rusli Zainal (kiri) vs Ellyas Pical. Foto: Afni/jpnn

PEKANBARU—Mesti janji untuk mengkanvaskan Ellyas Pical di ronde kedua tidak menjadi kenyataan, namun laga tinju antara Gubernur Riau HM Rusli Zainal dengan mantan juara dunia yang berlangsung di sasana tinju Rumbai, Pekanbaru, Sabtu (22/1) menjadi pertandingan yang sangat menghibur.

Sekitar  700 masyarakat Riau berbaur di antara pejabat Provinsi Riau untuk menonton laga eksibisi dalam rangka memeriahkan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII tahun 2012 di RiauHadir juga Setya Novanto, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Tinju Indonesia (Pertina), dan pengurus Pertina lainnya

BACA JUGA: Jatim Pamer Kesolidan

Laga ini sendiri disiarkan langsung oleh salah satu televisi lokal.

Pertandingan tinju antara Rusli Zainal melawan ‘’The Exocet’’, dipimpin oleh wasit Asril G, yang juga pernah menjadi mantan juara tinju
Begitu memulai pertandingan, antusiasme penonton langsung terlihat

BACA JUGA: Penjaga Kebugaran Timnas Loncat ke LPI

Ellyas tampil dengan memakai kostum hitam putih, sedangkan Rusli Zainal tampil dengan kostum kuning hitam.

Pertandingan yang berlangsung selama 3 ronde, sejak babak awal terlihat berlangsung ‘setengah serius’
Tidak seperti pertandingan tinju pada biasanya, pertandingan kali ini lebih banyak diisi oleh gelak tawa penonton dan tepuk tangan dari para penonton setiap kali Rusli Zainal yang baru pertama kali turun ke ring tinju berusaha untuk menjangkau Ellyas Pical yang memilih bermain bertahan.

Bahkan Rusli Zainal pun terkadang tak bisa menyembunyikan tawanya saat usahanya menuai keberhasilan

BACA JUGA: Gilliran Zickler Jadi Incaran

Tiga kali tinju dari Gubernur Riau dua periode tersebut sempat mengenai wajah petinju kelahiran Saparua, Ambon 24 Maret 1960 ituNamun akhirnya pertandingan eksibisi 3 ronde tersebut dinyatakan seri oleh wasit.

Begitu pertandingan usai, Gubernur Rusli Zainal secara spontan langsung melakukan lelang sarung tinjunya yang disebutkan asli buatan JermanRusli langsung memimpin lelang dengan ‘merayu’’ para pejabat-pejabat Pemprov Riau yang hadirLelang spontan inipun mendapat sambutan antusias dan akhirnya sarung tinju sang Gubernur berpindah tangan ke Sekretaris Daerah Pemprov Riau dengan harga Rp45 Juta.

Tidak berhenti sampai disitu, para pejabat Pemprov Riau, kalangan pengusaha dan tokoh masyarakat Riau yang hadir pun ‘ditodong’ Gubernur untuk mengikuti lelang barang olahraga lainnya sehingga secara spontan terkumpul uang mencapai Rp135,5 jutaSemua hasil lelang ini kemudian disumbangkan dan diserahkan Gubernur Riau Rusli Zainal untuk mantan petinju dunia Ellyas PicalJumlah ini diluar kontrak pertandingan yang diberikan secara terpisah.

‘’Sebenarnya saya bisa meng-KO-kan Bung EllyasTapi lebih baik seri saja’’ kata Rusli Zainal saat memberikan pernyataan usai pertandinganKontan saja, pernyataan Rusli ini disambut tawa Ellyas Pical dan penonton yang hadir.

‘’Pertandingan ini semata-mata untuk memberikan hiburan sekaligus semangat kepada seluruh masyarakat Riau sebagai tuan rumah PON ke XVIII pada tahun depanSaya juga ingin memberikan spirit kepada seluruh atlet Riau untuk berjuang semaksimal mungkinKita ingin tahun depan menjadi tuan rumah yang baik,’’ kata Rusli Zainal.

Perihal lelang dan sumbangan spontanitas untuk Ellyas Pical, Rusli Zainal mengatakan bahwa ini gerakan kepedulian bersama bagi mantan atlet tinju kebanggaan Indonesia tersebut.

‘’Bagaimanapun, beliau adalah seorang maestro tinju yang dimiliki bangsaKita ingin memberikan apresiasi terhadap jasa-jasanyaMungkin yang kami berikan hari ini tidak seberapa, namun bagi kami Bung Ellyas Pical tetap memiliki arti penting dunia olahraga di Indonesia khususnya cabang tinju,’’ kata Rusli Zainal.

Untuk diketahui Ellyas Pical berhasil meraih gelar juara dunia IBF kelas bantam yunior (kelas super terbang) dari petinju Korea Chun Ju-do di  Jakarta pada 3 Mei 1985Rekor karir profesionalnya, adalah 20 kemenangan (11 KO), 1 seri dan 5 kekalahanDia sangat terkenal dimasanya dengan sebutan  "The Exocet", karena memiliki hook dan uppercut kiri yang kerap menumbangkan lawannya.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rusli Zainal v Ellyas Pical, Laga Serius tapi Mengibur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler