Pilpres 2019: 4 Cara PAN Tindak Lanjuti Saran Habib Rizieq

Jumat, 23 Maret 2018 – 19:33 WIB
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieiq Shihab menyarankan Partai Amanat Nasional (PAN) berkoalisi dengan Gerindra, PKS, dan PBB pada Pilpres 2019.

Bagaimana sikap PAN mengenai saran Rizieq?

BACA JUGA: Habib Rizieq Kini Playmaker, Kubu Jokowi Harus Berhati-hati

 “Kami tentu sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas imbauan dan perhatian HRS terhadap PAN dan tiga partai lainnya. Tentu imbauan dan perhatian itu merupakan referensi penting untuk ditindaklanjuti,” kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN Saleh Partaonan Daulay, Jumat (23/3).

Dia menambahkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menindaklanjuti saran Rizieq.

BACA JUGA: Habib Rizieq Ingin Umat Islam Kompak Dukung Gerindra?

Pertama, mendorong tokoh-tokoh penting saat Aksi Bela Islam 212 untuk mencalonkan diri menjadi anggota legislatif lewat jalur keempat partai yang disebut Rizieq.

“PAN tentu sangat membuka diri untuk menerima tokoh-tokoh tersebut. Jika mereka mencalonkan diri secara langsung, konsolidasi suara umat akan lebih mudah didapatkan,” jelas wakil ketua Komisi IX DPR itu.

BACA JUGA: JK Sebut 2 Kriteria Cawapres Pendamping Jokowi

Cara kedua adalah melakukan pertemuan lintas tokoh dan petinggi ormas-ormas Islam untuk mengatur strategi guna menghimpun suara umat agar tidak tercerai berai.

Menurut Saleh, semua harus membuka diri dan menghindari ego sektoral.

“Artinya, arah dan orientasi politik yang dibangun adalah kesejahteraan umat sebagaimana diinginkan oleh para tokoh dan petinggi ormas-ormas tersebut,” ungkap Saleh.

Ketiga, lanjut Saleh, mendorong semua pihak yang ikut dalam Aksi Bela Islam 212 melakukan kampanye bersama, baik formal maupun informal bagi pemenangan keempat partai.

 “Tentu kampanye yang dilakukan tidak boleh menyalahi aturan dan ketentuan KPU dan Bawaslu,” jelas Saleh.

Keempat, sambung Saleh, semua jaringan dan relawan 212 diharapkan mengawal dan mengawasi jalannya Pilkada Serentak 2018, Pileg, dan Pilpres 2019.

“Saya yakin jika keempat hal itu dilakukan, harapan HRS untuk menghimpun kekuatan umat Islam bisa berhasil,” ujar Saleh. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Airlangga Hartarto Sebut soal Hubungan Jokowi – JK, Ternyata


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler