Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Gerak Cepat Tangani Dampak Banjir di Ogan Komering Ulu

Senin, 27 Mei 2024 – 10:38 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir di Kabupaten OKU kepada Pj Bupati Ogan Komering Ulu Teddy Meilwansyah, Sabtu (25/5). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, OGAN KOMERING ULU - Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni gerak cepat menanggulangi dampak banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Dalam kesempatan ini, dirinya menyerahkan bantuan tahap lima di pendopo Rumah Dinas Bupati Ogan Komering Ulu, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Sabtu (25/5).

BACA JUGA: Tinjau 2 Lokasi Banjir di OKU, Agus Fatoni Beri Bantuan Kepada Warga Terdampak

Pj Gubernur Agus Fatoni mengatakan Pemprov Sumsel telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat, BNPB dan Kementerian Sosial dan langsung direspons.

Dari pihak BNPB juga telah meninjau langsung lokasi bencana serta menyerahkan bantuan secara simbolis pada Jumat (10/5) lalu.

BACA JUGA: 13.600 Rumah Warga di OKU Terendam Banjir

Bantuan yang diberikan di antaranya dukungan operasional DSP Rp 200 juta, dukungan logpal perahu polytelin (PE) dan mesin 1 unit.

Kemudian tenda pengungsi 2 unit, tenda keluarga 30 unit, sembako 200 paket, makanan siap saji 200 paket, hygiene kit 200 paket, family kit 200 paket, selimut 200 lembar.

BACA JUGA: Curah Hujan Tinggi, Warga OKU Sumsel Diminta Waspada Bencana Longsor

Selain itu, matras 200 lembar, kasur lipat 50 unit, velbed 25 unit, genset 3 unit, light tower 2 unit, lampu solar panel 2 unit, pompa alkon 5 unit, dan pompa apung 5 unit.

Pemprov Sumsel juga telah melakukan langkah-langkah cepat penanganan bencana dengan melakukan peninjauan langsung bersama tim BPBD.

"Tim kesehatan dan tim Dinas Sosial untuk melakukan pendataan, memberikan bantuan dan memberikan pelayanan kesehatan,” kata Fatoni dalam keterangan resmi, Senin (27/5).

Lebih lanjut Fatoni menyampaikan, Pemprov Sumsel juga telah melakukan kajian bersama pemerintah pusat dan kabupaten/kota guna melihat penyebab bencana.

Hal ini juga sejalan dengan arahan Mendagri Tito Karnavian agar Pemprov Sumsel mengkaji penyebab dan menyiapkan langkah-langkah jangka pendek, menengah dan panjang.

Sehingga banjir tidak hanya diatasi saat ini saja, namun dapat dilakukan mitigasi dan antisipasi sebelum kejadian bencana.

"Bencana ini sudah bisa kita prediksi. Makanya saya minta agar semua selalu waspada banjir dan melakukan langkah antisipasi atas kemungkinan-kemungkinan yang terjadi seperti banjir dan longsor saat curah hujan tinggi. Karena itu mari sama-sama kita ringankan beban saudara kita di sini," jelas Fatoni. 

Fatoni juga mengatakan Pemprov Sumsel siap membantu pembangunan lima dari sebelas jembatan yang terdampak akibat banjir di OKU.

“Pembangunan  jembatan itu akan dilakukan menggunakan dana APBD provinsi berkoordinasi dengan Pusat dan Pemkab,” tambahnya. 

Adapun bantuan Pemprov Sumsel juga telah diberikan secara bertahap.

Tahap pertama, Pemprov Sumsel memberikan bantuan antara lain 100 paket selimut, paket sembako, hygiene, makanan siap saji, bantuan kesehatan, berupa PMT Bumil 520 kotak, PMT Balita 400 kotak, bahan medis habis pakai, obat-obatan.

Kemudian velbed, tenda posko kesehatan ukuran 4x8 meter, oksigen konsentrator 50 unit, handscoon 5000 pcs, masker 4000 pcs, perahu karet 2 unit dan sembako 500 paket. 

Untuk tahap kedua, Pemprov Sumsel dan PT Pusri memberikan bantuan  200 paket sembako yang berisi beras 5 kg, gula pasir 1 kg dan minyak goreng 1 liter tiap paketnya.

Selanjutnya tahap ketiga, berupa makanan siap saji B2023 200 paket, lauk pauk siap saji 2023 200 paket, selimut A2023 30 pcs, tenda gulung C2023 20 unit, family kid C2023 20 paket, kids wear A2023 45 paket, sandang dewasa 2023 30 paket, sandang anak 2023 30 paket dan beras 5 ribu kg. 

Bantuan tahap keempat diserahkan pada Minggu (19/5), berupa perahu karet 1 unit, perahu polyethylene 1 unit, senter 5 pcs, jas hujan 5 pcs, sepatu bot 5 pasang, selimut 50 pcs dan terpal 10 pcs. 

Kemudian bantuan tahap lima diserahkan langsung  Pj Gubernur Agus Fatoni kepada Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah, berupa 1.500 paket sembako, 5 ton beras, 50 buah Matras, 50 buah selimut, 100 buah sabun cair.

Ditambah 34 paket makanan siap saji, 50 paket higienis kit, 7,5 ton beras (CBP), kasur 100 buah, selimut 30 pcs, tenda gulung 50 pcs, family kid 40 pcs, kidswear 30 pcs, sandang dewasa 50 pcs.

Selain itu, sandang anak 50 pcs, sembako 100 paket berisi beras, gula, minyak sayur, 800 box PMT, obat dan BMHP dua paket, vitamin dua paket, 100 dus mi instan dan tambahan dari CSR BUMN, BUMD dan Swasta. 

Adapun total keseluruhan nominal bantuan mulai tahap 1-5 berkisar mencapai Rp 5 miliar lebih.

Selain menyerahkan bantuan, kunjungan Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni ke OKU kali ini juga melakukan peninjauan dua lokasi banjir, yakni Desa Karang Agung Kecamatan Baturaja Barat dan Jalan Gotong Royong Kelurahan Kemalaraja Kecamatan Baturaja Timur. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler