PKB Dukung Keputusan DPD Usung OSO

Selasa, 07 Oktober 2014 – 11:45 WIB
Anggota DPD RI asal Kalimantan Barat, Oesman Sapta Odang dalam rapat paripurna DPD, Senin (6/10) malam dengan agenda pemilihan wakil DPD untuk calon pimpinan MPR RI. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga menyatakan dukungan kepada Oesman Sapta Odang (OSO) untuk menjadi Ketua MPR RI. Hal ini sejalan dengan keinginan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang dikomandani PDI Perjuangan agar posisi Ketua MPR RI diserahkan ke unsur DPD.

"Oh ya, kita masih pada opsi itu. Opsi DPD Ketua (MPR), dua (wakil) dari kami dua dari pendukung Pak Prabowo," kata Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar di DPR RI, Jakarta, Selasa (7/10).

BACA JUGA: SBY Klaim Sepuluh Tahun Konsisten Membangun TNI

KIH menyodorkan jalan tengah kepada Koalisi Merah Putih (KMP) yang dikomandani Partai Golkar. Yakni agar pemilihan pimpinan MPR RI tidak melalui voting, melainkan dengan jalan musyawarah mufakat. Solusinya, posisi Ketua MPR diserahkan kepada DPD yang mengusung Oesman Sapta. Sedangkan untuk posisi wakil ketua MPR, diusulkan dua dari KIH dan dua dari KMP.

Tapi apakah Muhaimin yakin opsi KIH ini akan disetujui KMP? "Saya belum tahu tapi kira-kira upaya ini akan terus kita ajukan. Sementara ini kan terbesar suaranya dari DPD Pak OSO ya. Nanti pasti akan mengerucut PDIP, Nasdem, Hanura (usulkan) dua nama (calon wakil)," jelasnya.

BACA JUGA: 31 Direktur Perusahaan Diperiksa untuk Machfud Suroso

Cak Imin -sapaan Muhaimin- berkeinginan opsi yang mereka tawarkan bisa diakomodir KMP sehingga di MPR muncul kebersamaan. Dia yakin jika pimpinan MPR ditentukan lewat musyawarah mufakat, prosesnya akan lebih cepat.

"Kalau ini bisa disepakati maka akan menuju satu kebersamaan ke depan leih baik. Kami terbuka untuk terus mencari solusi-solusi agar tidak terkesan partai politik berebut sesuatu yang tidak nyaman," tandasnya.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Politikus PDIP tak Ragu Oesman Sapta Pimpin MPR

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demokrat Belum Punya Calon Pimpinan MPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler