PKB Gaet Anak-Anak Rhoma

Selasa, 23 April 2013 – 05:55 WIB
PARTAI Kebangkitan Bangsa (PKB) tak mau kalah dalam menempatkan artis dalam daftar caleg sementara (DSC) yang diserahkan ke KPU, Senin (22/4). Buktinya, partai  yang didirikan mantan Presiden Abdurrahman Wahid ini menempatkan lima artis dari 560 nama dalam DCS-nya. 

Artis-artis itu diantaranya putra-putri  raja dangdut Rhoma Irama, seperti Debbie Veramasari (Debby Irama), Fikri Zulfikar (Vicky Irama), dan Ridho Irama, ada juga pemain sinetron Arzeti Bilbina, Said Bajuri, Mandala, dan Aditya Sayuti. Sekjen PKB Imam Nachrowi yang mengantar langsung DCS itu mengatakan, selain artis-artis itu, ada pula wartawan, pengacara, aktivis wanita, ulama NU, dan tentu para kader PKB sendiri.

Terkait lamanya PKB menyerahkan DCS, menurut Imam, karena pihaknya harus menjalani beberapa proses bertahap yang ketat dan mendetail terkait rekrutmen bakal caleg. ”Di PKB, setiap bakal caleg harus menjalani pula uji kepatutan dan kelayakan yang berisi serangkaian interview dan tes tertulis,” ujar Imam.

Selain itu, kata Imam, dalam pembekalan para bcaleg itu dibebankan tanggung jawab bahwa di tangan para calon legislator itu akan dibuktikan apakah dunia ini menjadi baik atau malah bertambah buruk. ”Makanya ditanamkan kepada mereka kalau mereka semua harus bisa menjadi pelopor yang uswatun hasanah,” imbuhnya.

Terkait  persyaratan 30 persen kuota untuk keterwakilan perempuan, menurut Imam, PKB telah memenuhinya. “Presentasi perempuan di dalam DCS kami sudah 37,5 persen dari seluruh bakal caleg, atau  melebihi persyaratan yang 30 persen itu. Karena PKB sangat mengapresiasi perempuan terjun ke dunia politik. Seluruhnya bakal caleg perempuan sudah kami konsultasikan kepada Pengurus Besar NU dan sudah dapat mandat," tuturnya.

Saat ditanya target PKB dalam Pemilu Legislatif tahun depan, dengan lugas Imam mengatakan partainya menargetkan 100 kursi atau 17,85 persen yang bisa diraihnya untuk duduk di DPR RI dari 560 kursi yang diperebutkan. ”Makanya kami kerahkan semua sumber daya manusia yang ada, mulai dari artis, kaum profesional, pers, advokat, aktifis, dan yang utama para ulama NU yang terpenting,” lontarnya.

Dia juga mengungkapkan, seluruh anggota DPR dari Fraksi PKB di DPR masuk kembali ke dalam DCS itu, ditambah pula Ketum PKB yang juga Menakertrans RI Muhaimin Iskandar maupun Menteri Pembangunan Daerah Tettinggal (PDT) Helmy Faisal. ”Pak Muhaimin dari dapil Jawa Timur, Pak Helmy dari dapil Nusa Tenggara Barat,” jawabnya.

Diungkap Imam pula, kalau para caleg PKB dipastikan untuk dibai’at  di PBNU. ”PKB sepakat perlunya pembaiatan secara khusus bagi para caleg agar ketika terpilih benar-benar merepresentasikan jadi diri anggota DPR yang sebenarnya. (ind)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PAN Andalkan Perempuan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler