PKB Sebut Lukman Menag Gagal, Wasekjen PPP: Mereka mah Begitu

Sabtu, 20 Juli 2019 – 22:49 WIB
Anggota Dewan Syura PKB KH Maman Imanulhaq (berpeci) bersama Wasekjen PPP Achmad Baidowi (tengah) dan politikus PDIP Effendi MS Simbolon dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Akhmad Baidowi merespons pernyataan Anggota Dewan Syura Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Maman Imanulhaq yang menilai Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin gagal.

"Ya orang yang mau menggantikan mah harus begitu," sindir Baidowi dalam diskusi Ngebut Ngebut Munas Parpol Jelang Kabinet Baru di Jakarta, Sabtu (20/7).

BACA JUGA: Kiai Maman: Mereka Rekonsiliasi demi Masuk Kekuasaan

Menurut Baidowi, parameter mengukur kinerja kementerian bukanlah kapasitas pribadi-pribadi. Anggota Komisi II DPR itu menegaskan bahwa Menag Lukman patuh, loyal, dan bertanggung jawab kepada presiden.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Dianggap Tabrak Sejumlah Aturan AD/ART Golkar

BACA JUGA: PKB Incar Kursi Menteri Agama, PPP Merespons Begini

Menurut dia pula, ada juga lembaga-lembaga yang menilai kinerja kementerian. Dia menyebut seperti Badan Pemeriksa Keuangan yang memberikan predikat wajar tanpa pengecualian atau WTP terhadap laporan keuangan Kemenag.

Belum lagi laporan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi, serta Ombudsman dan lain sebagainya.

BACA JUGA: PPP Yakin Jokowi Tidak Tersandera Partai dalam Memilih Menteri

"Termasuk misalnya mendapatkan penghargaan, bagaimana Pak Lukman mengelola jemaah haji cukup besar, dan paling besar di dunia," ujar Baidowi.

Menurut Baidowi, tentu ada sisi positif dari kinerja Lukman. Dia menegaskan, tidak mungkin ada orang yang sempurna.

"Jangan pula ada satu hal yang kaitan tadi misalnya dengan persoalan internal, pembinaan ASN (aparatur sipil negara), itu kan sudah dilakukan. Kemenag ini bukan seperti kementerian yang lain, dia cukup besar dari pusat sampai ke bawah," paparnya.

BACA JUGA: Pemerintah Tidak Perlu Menunggu Partai Harus Solid Dahulu Dalam Menentukan Kabinet

Sebelumnya, Maman menilai Lukman gagal menjalankan tugas sebagai menag. Menurutnya, Lukman tidak membenahi persoalan substansial maupun yang remeh-temeh di Kemenag.

"Gagal, betul gagal. Bukan hanya kinerja, bapak datang deh ke Lapangan Banteng, tidak pernah ada sebuah kementerian yang parkirnya paling jelek kecuali Kementerian Agama. Parkirnya saja jelek, apalagi menterinya," kata Maman dalam diskusi bertajuk Ngebut Munas Parpol Jelang Kabinet Baru di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (20/7). (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Petinggi PKB Sebut PAN dan PKS Partai Tidak Jelas


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Menag Lukman Hakim   PKB   PPP  

Terpopuler