Platini Pun Menyempatkan Hadir

Senin, 30 April 2012 – 12:12 WIB

DAYA tarik derby Manchester mulai menyedot perhatian. Dulu, kalah menarik dibandingkan bentrok klasik Manchester United melawan Liverpool, tetapi seiring moncernya performa Manchester City, para penonton mulai berpaling.
    
Sekitar 8,3 juta orang Inggris menyaksikan pertandingan first leg semifinal Piala Carling 2009-2010 melalui televisi. Lalu, pada semifinal Piala FA musim ini, sekitar 10 juta penonton di Inggris menyaksikan pertandingan antara City versus United melalui televisi.

Makanya, manajer United Sir Alex Ferguson menyakini, bila City terus bersaing di papan atas Premier League secara reguler, derby Manchester bisa menjadi salah satu derby yang paling dinanti penonton seluruh dunia.

"Begitu banyak yang fokus pada pertandingan itu karena sangat penting. Kami mewakili kota Manchester untuk memperkenalkan diri ke dunia," bilang Fergie, sapaan Ferguson, seperti dikutip Tribalfootball.

Diperkirakan, derby yang bisa menentukan gelar juara Premier League musim ini tersebut berpotensi disaksikan 650 juta penonton televisi di seluruh dunia.
    
"Terdapat 203 penonton yang akan menyaksikan pertandingan itu. Bahkan, (Michel) Platini saja datang untuk menyaksikan pertandingan di stadion. Itu menunjukkan kami sudah berada pada jalur yang benar," bilang manajer asal Skotlandia itu.

Ya, Platini, Presiden UEFA, yang selama ini dikenal kurang menyukai Premier League berencana menyaksikan langsung pertandingan itu di Etihad Stadium, markas City. Dia akan menjadi tamu kehormatan di tribun VIP Etihad Stadium.

Selama ini, Platini yang dikenal pro kepada tim kecil dan pemerataan di sepak bola Eropa, kurang sreg dengan sepak bola Inggris yang telah diracuni oleh kepemilikan asing. Berkali-kali dia mengecam kepemilikan asing di klub Premier League.

Nah, City dan United merupakan dua klub yang sering jadi sasaran kecamannya. City dimiliki Sheikh Mansour asal Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) dan United dimiliki konglomerat Amerika Serikat Malcolm Glazer.

Banyaknya pemain dari luar Inggris yang membela klub Inggris juga menjadi perhatiannya. Apalagi tim seperti Arsenal yang pernah memainkan keseluruhan timnya tanpa adanya pemain lokal. Kehadiran Platini bukti bahwa derby Manchester memang layak menjadi salah satu derby terbaik dunia. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Setengah Lusin Gol Chelsea Salip Tottenham


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler