PLN Bangun PLTA Jatigede 2x55 MW

Kamis, 15 Desember 2011 – 18:40 WIB

JAKARTA- PT PLN (Persero) terus menyiapkan pembangkit-pembangkit guna memenuhi kebutuhan listrik untuk jangka panjang, khususnya di sistem kelistrikan wilayah Jawa-Bali.

Selain membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Upper Cisokan Pumped Storage 4x260 Megawatt di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, perusahaan listrik strum pelat merah tersebut juga berencana membangun PLTA Jatigede berkapasitas 2 x 55 MW yang berlokasi di desa Cijeunjing, Jatigede, Sumedang, Jabar.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Pusat, Bambang Dwiyanto menyatakan, rencana pembangunan PLTA Jatigede ini bakal segera direalisasikanIni menyusul telah disepakatinya kerjasama pembangunan dan pengelolaan PLTA Jatigede antara PLN dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

" Penandatanganan kesepakatan bersama itu dilakukan Rabu (14/12) kemarin di kantor Kementrian PU," ujar Bambang, Kamis (15/12).

Dijelaskan Bambang, pihak Kementrian PU bertugas dalam pembangunan dan pengelolaan bendungan,  termasuk waduk PLTA Jatigede

BACA JUGA: Sarwono Yakin PT EMI Cerah

Sedangkan, PLN bertugas untuk membangun dan mengelola operasional PLTA Jatigede.

Pembangunan PLTA Jatigede  yang memiliki wilayah tangkapan air dari Sungai Cimanuk itu akan meliputi gedung pembangkit (power house), berikut dengan saluran pembawa air (water ways), tangki pendatar air (surge tank), pipa pesat (penstock), saluran buang (tailrace), bangunan transmisi (transformer yard dan switchyard), jaringan transmisi (transmission line) serta bangunan penunjang lainnya
"Listrik yang dihasilkan PLTA Jatigede akan masuk ke dalam sistim transmisi 150 kV Jawa Bali," terang Bambang.

Selain untuk keperluan pengembangan PLTA, pembangunan bendungan Jatigede juga dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan irigasi seluas 90 hektar sekaligus mengendalikan banjir untuk dareah Pantura, terutama antara kota Cirebon dan Indramayu.

Saat ini, kata dia, PLN secara intensif masih mempersiapkan kelengkapan administratif dan teknis yang dibutuhkan untuk pembangunan PLTA yang diperkirakan akan menyerap dana sekitar US$ 224,4 Juta

BACA JUGA: ERAA Lunasi Utang Rp736 Miliar

Salah satu tahapan yang tengah dipersiapkan itu adalah, tahapan proses pelelangan untuk kontraktor pelaksana pembangunan PLTA Jatigede.

"Diharapkan PLTA Jatigede sudah dapat menyuplai pasokan listrik ke dalam sistim kelistrikan Jawa-Bali pada tahun 2015 mendatang
(Yud/jpnn)

BACA JUGA: 2012, Pasokan Perkantoran Sewa Meroket

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indosiar Pastikan Tak Ada Perampingan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler