PLN Icon Plus Sukses Dukung Pelaksanaan Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 23:01 WIB
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo didampingi oleh Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi dalam Apel Siaga Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI di IKN. Foto: dokumentasi PLN Icon Plus

jpnn.com, IKN - PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kWh PT PLN (Persero) menunjukkan komitmen dalam mendukung kebutuhan telekomunikasi di Indonesia khususnya dalam pelaksanaan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pada 9 Agustus 2024, PLN Icon Plus mendapat penugasan penting dari Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), untuk mendukung jaringan internet dan kebutuhan teknologi informasi dalam rangka Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Penurunan Bendera pada 17 Agustus 2024 di IKN.

BACA JUGA: PLN Indonesia Power Menuju Perusahaan Top Global

PLN Icon Plus sendiri telah menyelesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi fiber optic sepanjang 33.129 kilometer, yang merupakan 74,6 persen.

Jumlah itu merupakan bagian dari rencana infrastruktur ketenagalistrikan sepanjang 44.400 kilometer di IKN.

BACA JUGA: PLN Icon Plus Raih 2 Penghargaan Bergengsi di TJSL & CSR Award 2024

Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan pihaknya telah mempersiapkan infrastruktur telekomunikasi yang andal dan aman untuk mendukung kelancaran Upacara Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara baru.

“Kami bangga dapat berperan dalam mendukung acara kenegaraan ini dengan menyediakan solusi konektivitas dan keamanan siber terbaik,“ ucap Ari dalam keterangannya, Sabtu (17/8).

BACA JUGA: PLN Indonesia Power Dirikan Tempat Produksi Biomassa di Kota Medan

Selain itu, PLN Icon Plus telah memastikan seluruh kebutuhan layanan telekomunikasi dan keamanan siber untuk mendukung sistem ketenagalistrikan dalam rangka upacara tersebut yang mencakup 15 link SCADA dan Proteksi, 15 CCTV, internet, dan sistem firewall yang telah diuji dan serta beroperasi dengan baik.

Dalam rangka menjaga keandalan sistem selama Upacara, PLN Icon Plus menyiagakan 78 personil, 22 mobil, dan 2 motor yang tersebar di 19 titik di kawasan inti IKN.

“Seluruh personil akan memastikan keandalan sistem backbone pendukung yang telah mulai beroperasi sejak 14 Agustus 2024, sehingga seluruh kegiatan upacara dapat berlangsung tanpa hambatan,” kata dia.

Jaringan telekomunikasi di IKN disokong oleh 2 POP utama, yaitu dari GIS4 dan GH Sementara, serta jaringan fiber optic yang dibackup oleh tiga sistem fiber optic dari POP Sepaku, GI Petung, dan GI Kariangau.

Sistem power dan backup power juga disiagakan sebagai satu kesatuan untuk menjaga keandalan sistem selama upacara.

PLN Icon Plus turut mendukung jaringan komunikasi untuk 14 SPKLU.

“Dengan seluruh infrastruktur andal yang telah disiapkan, PLN Icon Plus berkomitmen memastikan kelancaran upacara sekaligus mendukung transformasi Indonesia menuju era digital yang cerdas dan berkelanjutan,” tambahnya. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler