PLN Tingkatkan Pelayanan dengan Gudang Online Swalayan

Kamis, 06 Juni 2013 – 20:20 WIB
JAKARTA - PT PLN resmi meluncurkan Gudang Online Swalayan (GOLS), Rabu (5/6) kemarin di PLN Area Tanjung Priok. General Manager PLN Distribusi Jakarta (Disjaya) Moch Sulastyo menjelaskan, GOLS itu untuk memudahkan transaksi pembelian barang seperti halnya di pasar swalayan.

"Sistem online ini sudah mulai diterapkan saat vendor ingin mengambil barang. Vendor harus melakukan reservasi secara online terlebih dulu tentang material yang dibutuhkan," ujar Sulastyo melalui keterangan tertulisnya, Kamis (6/6).

Nantinya, lanjut Sulastyo, bila material yang diinginkan sudah tersedia maka pembeli akan mendapatkan notifikasi tentang waktu pengambilan barang melalui email. "Sementara ini, GOLS diaplikasikan di PLN Disjaya," jelasnya.

Ide lahirnya GOLS ini bermula saat Sulastyo mengunjungi gudang swalayan PLN Area Surabaya Barat. Dari kunjungan itu tercetus ide
untuk menerapkannya dengan melakukan beberapa inovasi. Keputusannya untuk memilih Tanjung Priok sebagai lokasi GOLS karena di area tersebut ada tiga gudang lain, yaitu gudang milik area Menteng, area Marunda dan gudang milik Kantor Distribusi.

Sementara Direktur (Operasi Jawa Bali Sumatera) Ngurah Adnyana mengatakan, penerapan GOLS ini selain sesuai dengan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), juga diklaim dapat mencegah korupsi dan mengefisiensikan sumber daya manusia (SDM). ”Karena semua transaksi dilakukan secara online jadi tidak akan ada korupsi material. Dari sisi SDM-nya sendiri tidak membutuhkan banyak orang untuk mengurusi gudang,” pungkas Ngurah. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indosat Hadirkan Prapembelian BlackBerry Q10

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler