PLN UIP Nusra Energize SUTT 70 kV PLTMG Flores - GI 70 kV Labuan Bajo, Pasokan Listrik Kian Andal

Rabu, 09 Oktober 2024 – 19:40 WIB
Pemberian tegangan pertama atau energize Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV yang menghubungkan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Flores dengan Gardu Induk (GI) 70 kV Labuan Bajo diresmikan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra), pada Rabu (9/10). Foto: Dokumentasi PT PLN

jpnn.com - JAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) telah memberikan tegangan pertama atau energize Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV yang menghubungkan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Flores dengan Gardu Induk (GI) 70 kV Labuan Bajo, pada Rabu (9/10).

Adapun proyek ini mencakup pembangunan 42 tower transmisi sepanjang 13,07 kilometer yang membentang dari Desa Golo Bilas hingga Desa Tanjung Boleng.
Proyek yang dimulai sejak Januari 2023, itu telah mengikuti seluruh regulasi, termasuk kompensasi ruang bebas (RoW), yang dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 19 Tahun 2021 dan melibatkan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

BACA JUGA: PLN Perkuat Listrik di Inhu dan Inhil, Energize pada Bay Coupler GI 150 kV Rengat Sukses

General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIP Nusra Abdul Nahwan mengatakan bahwa percepatan energize SUTT 70 kV PLTMG Flores - GI 70 kV Labuan Bajo dapat terlaksana berkat kerja sama yang baik antara tim proyek dan seluruh pihak terkait.

"Hal ini penting agar suplai listrik segera tersambung dan memenuhi kebutuhan masyarakat serta sektor pariwisata," ucap Abdul Nahwan dalam keterangannya, Rabu (9/10).

BACA JUGA: Perkenalkan Mobil Listrik Paling Mewah dan Unik di Dunia

Keseriusan PLN tidak hanya ditunjukkan dari aspek teknis, tetapi juga pada penerapan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam pembangunan proyek ini.

Dengan TKDN yang mencapai angka signifikan, proyek tersebut juga berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan lokal, serta mendukung keberlanjutan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA: Berita Terbaru, PLN Journalist Award 2024 Kembali Hadir

"Kami menerapkan prinsip zero accident dalam setiap tahapan konstruksi. Hal ini penting untuk memastikan keberhasilan proyek sekaligus melindungi semua pekerja di lapangan," kata dia.

Nahwan mengatakan bahwa keberhasilan energize itu menjadi bukti nyata dari komitmen PLN dalam mendukung pengembangan infrastruktur kelistrikan di NTT.

Menurut dia, energize adalah kabar baik bagi para pelaku usaha pariwisata di Labuan Bajo. Sebab, ujar dia, dengan tersambungnya jaringan maka keandalan pasokan listrik akan makin terjaga.

“Ini penting bagi operasional bisnis, terutama di sektor pariwisata, yang membutuhkan suplai listrik yang stabil dan andal," jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Manggarai Barat Ondy Christian Siagian mengungkapkan bahwa energize secara langsung mendukung dan mendongkrak aktivitas perekonomian Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Proiritas dengan sistem kelistrikan yang andal dan ramah lingkungan.

"(Energize) ini akan berdampak pada perkonomian Labuan Bajo, juga UMKM, karena mendapat suplai listrik yang stabil dari PLN," ucap Ondy Christian.

Dengan berhasilnya energize SUTT 70 kV PLTMG Flores - GI 70 kV Labuan Bajo, maka Labuan Bajo kini memiliki sistem kelistrikan yang lebih andal, mendukung perkembangan industri pariwisata dan pertumbuhan ekonomi lokal. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PLN   energize   SUTT   Labuan Bajo   NTT   listrik  

Terpopuler