PM Turki: Israel Negara Teroris

Selasa, 20 November 2012 – 10:25 WIB
ISTANBUL - Serangan brutal Israel di Gaza mengundang reaksi keras dari berbagai negara. Perdana Menteri Turki Tayyip Erdogan menyebut Israel sebagai negara teroris atas aksinya melakukan pengeboman atas penduduk sipil Gaza.

"Mereka yang selama ini mengaitkan Islam dengan terorisme menutup mata mereka menyaksikan pembunuhan kaum Muslim secara masal dan memutar kepalanya dari pembantaian terhadap anak-anak di Gaza," kata Erdogan dalam sebuah konferensi dari Dewan Islam Eurasia di Istanbul seperti dikutip Dailystar.

Ankara merupakan bekas sekutu negeri Zionis tersebut bersama Amerika, namun hubungan antara mereka runtuh pada 2010.

Komentar ini muncul setelah hampir satu minggu serangan udara Israel dilancarkan kaum Yahudi pada Jalur Gaza. Rudal Israel membunuh setidaknya 11 warga sipil Palestina termasuk empat balita  di Gaza pada hari Minggu.

"Untuk alasan ini, saya mengatakan bahwa Israel adalah negara teroris, dan menggunakan cara-cara teroris," ujarnya.

Hubungan antara Israel dan Turki runtuh setelah Militer menyerbu kapal bantuan tahun 2010 untuk Palestina di Jalur Gaza. Tercatat, sembilan warga Turki tewas dalam penyerbuan membabi-buta marinir Israel .

Pihak Ankara lantas mengusir duta besar Israel dan membekukan kerjasama militer setelah laporan PBB yang dimotori Amerika menyatakan membebaskan negara Yahudi tersebut atas insiden itu. (esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pejuang Palestina Jatuhkan Jet Tempur Israel

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler