Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull menegaskan hubungan antara mitra koalisi saat ini 'sangat kuat' meski dia dan wakilnya, Barnaby Joyce sempat terlibat 'perang terbuka' setelah saling mengkritik satu sama lain mengenai skandal hubungan Barnaby Joyce pekan lalu.

Pernyataan ini diungkapkan PM Malcolm Turnbull pasca kedua pemimpin ini melakukan pertemuan empat mata Sabtu (17/2/2018) kemarin di Sydney, New South Wales (NSW). Dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu, PM Malcolm Turnbull dan wakilnya, Barnaby Joyce sepakat bahwa mereka perlu bekerja sama secara erat.

BACA JUGA: Kanker Ovarium Bisa Diturunkan Lewat Ayah

Berbicara untuk pertama kalinya sejak pertemuan tersebut,  PM Turnbull menggambarkan percakapan tersebut sebagai pertemuan yang "jujur, hangat dan konstruktif" namun ketika ditanya apakah dia mengajukan permintaan maaf, dia mengatakan "tidak ada yang perlu dimintai maaf".

Perdana Menteri Turnbull juga mencoba mengecilkan jurang antara dirinya dan Barnaby Joyce, dengan meyakinkan warga Australia bahwa hubungan antara mitra koalisi saat ini "sangat kuat".

BACA JUGA: PM Australia dan Wakilnya Perang Terbuka Kasus Perselingkuhan

"Tidak ada masalah antara partai Liberal dan Partai Nasional sama sekali, tidak sama sekali," katanya. Video Player failed to load. Turnbull had 'frank, warm and constructive' chat with... Play

Press play then disable your screen reader. Use space bar to pause or play, and up and down arrows to control volume. Use left arrow to rewind and right arrow to fast forward.

BACA JUGA: 14 Hal yang Sebaiknya Dihindari di Tahun Baru Imlek

Seiring dengan upaya Perdana Menteri mencoba untuk meredam krisis di dalam Koalisi, dan bersikukuh bahwa "hubungan didalam koalisi masih kuat", Scott Morrison mendukung kritik Malcolm Turnbull atas perilaku Barnaby Joyce.

"Saya minta maaf - jika Anda tidur dengan staf Anda, ini bukan lagi urusan pribadi anda, ini menjadi urusan publik, karena Anda adalah seorang menteri yang memiliki tanggung jawab dan wewenang, atas mereka yang bekerja untuk Anda," kata Morrison dalam program ABC Insiders.

"Dan kami berutang kepada mereka untuk memenuhi standar ini."

PM Malcolm Turnbull mengumumkan larangan menteri memiliki hubungan seksual dengan anggota staf mereka dalam menanggapi terungkapnya hubungan Barnaby Joyce yang sedang menantikan seorang bayi dengan mantan penasihat medianya, Vikki Campion. Barnaby Jiyce menjadi sorotan media karena hubungannya dengan Vikki Campion.

Supplied

Meskipun Barnaby Joyce menduga akan ada pengumuman tersebut, namun informasi yang diperoleh ABC menunjukan Joyce tidak menyangka pernyataan publik itu akan disampaikan langsung oleh PM Malcolm Turnbull di mana dia mengundang wakilnya untuk "mempertimbangkan posisinya sendiri".

Beberapa rekan senior Turnbull terkejut dan bingung dengan kata-kata kasar Turnbull untuk Joyce, yang memicu pertengkaran publik di antara kedua pemimpin tersebut.

Tapi Scott Morrison mengatakan komentar PM Turnbull itu sudah  sesuai.

"Jelas ada kepekaan terhadap kekuatan [pernyataan PM Turnbull], tapi sejujurnya, saya tidak terkejut dengan kekuatannya karena saya tahu pandangan kuat Perdana Menteri mengenai hal ini dan pengalaman hidupnya," kata Morrison. Video Player failed to load. Treasurer Scott Morrison speaks to Barrie Cassidy about the... Play

Press play then disable your screen reader. Use space bar to pause or play, and up and down arrows to control volume. Use left arrow to rewind and right arrow to fast forward.

Dengan mayoritas satu kursi di Majelis Rendah, Partai Liberal bergantung pada dukungan Partai Nasional sehingga terlepas dari kerusakan yang diakibatkan oleh skandal Barnaby Joyce, Perdana Menteri tidak memiliki pilihan kecuali bekerja sama dengannya.

Tapi masa depan Barnaby Joyce di bidang politik dan masa depannya sebagai pemimpin Partai Nasional masih belum jelas.

Dia mungkin telah bertahan dari pemberontakan terbuka terhadap kepemimpinannya minggu lalu namun rekan-rekannya di Partai  Nasional, Michael McCormack, yang telah disebut-sebut sebagai kemungkinan kuat penggantinya, telah membuat jelas sebuah tantangan masih berlaku.

Michael McCormack mengatakan kepada Fairfax Media bahwa sementara dia tidak ingin mendahului dirinya sendiri, rekan-rekannya akan menggunakan minggu ini untuk "membaca suhu dan melihat apa yang konstituen mereka katakan dan membuat keputusan berdasarkan pertimbangan itu".

"Jelas apa lagi yang terjadi - tidak hanya di pemilih kami tapi jelas di depan nasional - harus dipikirkan," katanya kepada Fairfax.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perusahaan Israel Jual Susu Lebih Murah

Berita Terkait