Polda Metro Gagas Kantor Samsat Kecamatan

Kamis, 24 September 2015 – 11:18 WIB
ILUSTRASI. FOTO: DOK.IST

jpnn.com - JAKARTA - Polda Metro Jaya membuat inovasi dengan pelayanan Sistem Manunggal Satu Atap di kantor kecamatan, dalam rangka HUT ke-60 Polisi Lalu Lintas (Polantas).

Kepala Unit Samsat Jakarta Barat, Ajun Komisaris Polisi Muhammad Ardila Amry mengatakan konsep pelayanan Samsat di kantor kecamatan adalah sebagai upaya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih cepat, tepat, dan berkualitas.

BACA JUGA: Laka Maut Idul Adha di Kreo, Begini Ceritanya...

Hal ini, menurutnya, agar memudahkan masyarakat yang domisilinya jauh dari kantor Samsat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Juga sebagai salah satu cara mengurangi antrean masyarakat yang datang ke kantor Samsat,” ungkap Ardila, Kamis (24/9).

BACA JUGA: Maut Menjemput Jelang Salat Id di Kreo, Ini Fotonya

Ia menambahkan, kantor Samsat Kecamatan bertujuan memudahkan masyarakat wajib pajak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (pengesahan STNK setiap tahun).

Kemudian, mendekatkan diri kepada masyarakat pemilik kendaraan bermotor dalam rangka pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor kecamatan.

BACA JUGA: Banyak Juga Ya... Ini Jumlah Hewan Kurban Pemprov DKI

“Samsat Kecamatan juga berupaya mewujudkan pelayanan yang cepat, akurat, aman, transparan, profesional, akuntabel, dan nyaman," ujar dia.

Ia menambahkan, kegiatan Samsat Kecamatan ini disambut baik oleh stakeholder di bidang lalu lintas, khususnya instansi yang berada dalam unit pelayanan satu atap yaitu Dispenda, Jasaraharja, dan Bank DKI.

Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sangat mengapresiasi pelayanan tersebut karena sejalan dengan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bahkan, gubernur merencanakan agar nantinya pelayanan Samsat bisa hadir di 43 kecamatan yang ada di wilayah Ibu Kota.

Saat ini wilayah atau kecamatan yang dijadikan pilot project Samsat Kecamatan yakni wilayah Jakarta Barat di kantor Kecamatan Kebon Jeruk, wilayah Jakarta Pusat di kantor Kecamatan Kemayoran, wilayah Jakarta Utara di kantor Kecamatan Penjaringan, wilayah Jakarta Selatan di kantor Kecamatan Pasar Minggu dan wilayah Jakarta Timur di kantor Kecamatan Pulo Gadung.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tragis... Hendak Salat Idul Adha, Diseruduk Truk Engkel... Innalillahi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler