Polda Riau Dianggap Berhasil Amankan Ramadan dan Mudik Lebaran

Rabu, 03 Mei 2023 – 20:07 WIB
Kapolda Riau irjen Mohammad Iqbal. Foto:Bidhumas Polda Riau.

jpnn.com, JAKARTA - Langkah Polda Riau di bawah tangan Irjen Mohammad Iqbal dalam mengamankan Ramadan dan Idulfitri mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Polda Riau dianggap berhasil menjaga kondusivitas dan kelancaran arus mudik serta balik.

“Terima kasih untuk Kapolda Riau dan Direktorat Lalu Lintas Polda atas terlaksananya mudik dan balik gratis yang bertujuan untuk menekan angka fatalitas di jalan raya serta koordinasi yang terjalin di ruas jalan tol Pekanbaru Dumai maupun Pekanbaru Bangkinang," kata Branch Manager Tol Permai dan Pekanbaru-Bangkinang Jarot Seno Wibawa, Rabu (3/5).

BACA JUGA: Irjen Iqbal dan Brigjen Dany Peringati Hardiknas Bersama Ratusan Siswa SD Riau

Terpisah, Kepala Cabang Jasa Raharja Riau M. Iqbal Hasanuddin dan Ketua Dewan Organda Provinsi Riau M. Nasir juga menyampaikan apresiasi kepada Polda Riau atas keberhasilan pelaksaaan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023.

Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 berjalan dengan baik dan lancar dalam pelayanan serta pengawasan dan pengawalan dari pihak Polda Riau yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan arus mudik dan balik.

BACA JUGA: Selidiki Insiden Kapal Terbalik di Inhil, Irjen Iqbal:Jika Ada Pelanggaran Ditindak Tegas

Ketua KAMMI Riau Wahyu Andrie Septyo juga menyampaiakn apresiasi kegiatan mudi dan balik gratis bagi masyarakat yang diselenggarakan Irjen Iqbal.

Hal yang sama juga disampaikan Gubernur Riau Syamsuar.

BACA JUGA: Irjen Iqbal Bertolak ke Lokasi Kapal Terbalik di Inhil, Ini Tujuannya

“Ucapan terima kasih kepada Polda Riau dan jajaran yang sudah berhasil mengamankan, melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat pada Ramadhan 1444 H, sebelum Idulfitri, pada saat Idulfitri, pada saat arus mudik dan balik Idulfitri. Secara umum berjalan dengan baik, aman, kondusif, nyaman, dan berkesan," ucap gubernur Riau.

Polda Riau bersama Polres jajaran melaksanakan Operasi Tertib Ramadan dengan sandi Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 yang dimulai pada 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023, Polda Riau menggelar cipta kondisi yang berlangsung pada 17 Maret sampai 15 April 2023.

Dari hasil pelaksanaan Operasi Cipta Kondisi tersebut, Polda Riau mengamankan barang bukti sabu-sabu 83.271 gram, ekstasi 55.456 butir, H-five 531, dan knalpot brong 2.503 buah.

Selanjutnya di akhir pelaksanaan Operasi Cipta Kondisi jelang Ramadan tersebut, Polda Riau melakukan pemusnahan barang bukti narkoba, minuman keras, dan knalpot brong.

“Kami dari awal Polda Riau dan jajaran melakukan langkah-langkah proaktif dengan mengadakan terobosan kreatif yaitu melaksanakan Operasi Cipta Kondisi. Upaya yang dilakukan agar gangguan kamtibmas dapat diminimalisasi dengan tujuan masyarakat yang muslim lebih khusyuk menjalankan ibadah puasa Ramadan yang penuh magfirah ini," kata Iqbal.

Polisi juga berada di musala dan masjid untuk mengamankan pada saat sebelum berbuka puasa, di pasar-pasar, dan pusat perekonomian.

Polisi juga dikerahkan untuk berpatroli di rumah-rumah kosong yang ditinggal pemudik, sekaligus melakukan kegiatan pengecekan uji kadar alkohol dan narkoba serta cek kesehatan bagi pengemudi bus umum. Selain itu, polisi juga membagikan takjil di jalan-jalan. (Tan/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dewi Perssik Mengenang Momen dengan Iqbal Pakula


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler