Polemik Ganjar Soal Jurnalis dan MC, Saga Buka Suara, Kalimatnya Adem

Jumat, 22 September 2023 – 11:31 WIB
Dewan Penasihat Sahabat Ganjar, Fahlesa Munabari. Foto: dok Sahabat Ganjar

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Penasihat Sahabat Ganjar, Fahlesa Munabari, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak salah paham terkait polemik yang saat ini mendeskriditkan bakal capres Ganjar Pranowo.

Hal ini Fahlesa katakan, terkait munculnya polemik pernyataan Ganjar Pranowo terkait profesi jurnalis dan spembawa acara atau master of ceremony (MC) dalam program Mata Najwa on Stage Yogyakarta di UGM yang bertajuk '3 Bacapres Bicara Gagasan' terus bergulir.

BACA JUGA: Ganjar dan Maruarar Sirait Meraih Penghargaan Detikcom Awards 2023

Falesa menuturkan bahwa Ganjar sering menjumpai banyak lulusan perguruan tinggi yang tidak bekerja sesuai bidangnya.

“Ungkapan dari Pak Ganjar itu tidak ada maksud merendahkan profesi MC dan jurnalis, coba kita tonton acaranya secara utuh. Jelas sekali di situ beliau malah menjelaskan kepada generasi muda Indonesia atau tenaga kerja muda," ungkap Fahlesa.

BACA JUGA: Ganjar Tegaskan tidak akan Melibatkan Keluarga dalam Mengambil Keputusan Politik

Menurutnya, Ganjar mengajak generasi muda menimba ilmu dan pengalaman di suatu bidang ilmu di perguruan tinggi. Namun, pada akhirnya terserap di bidang pekerjaan yang berbeda dengan bidang ilmu yang dipelajarinya di kampus.

Karena itu Relawan Sahabat Ganjar meluruskan terkait ucapan Ganjar Pranowo ini. Kata dia, Ganjar hanya menyampaikan gagasan pentingnya bahwa pemerintah harus menyiapkan strategi yang tepat untuk generasi muda Indonesia.

BACA JUGA: Bang Emrus Sebut 7 Gagasan Ganjar Sangat Pas untuk Menuju Indonesia Emas

Hal tersebut mengindikasi bahwa tenaga kerja lokal Indonesia bisa berkarier dengan pekerja asing di dalam maupun di luar negeri.

“Pemerintah harus punya rancangan strategi untuk mempersiapkan tenaga kerja kita supaya dapat bersaing dengan pekerja asing di dalam dan luar negeri,” kayanya Fahlesa.

Juru Bicara Relawan Sahabat Ganjar, Mahatir Muhammad menuturkan Ganjar Pranowo sudah mempersiapkan program-program untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Seperti pendidikan yang dinamis dengan mengikuti perkembangan sesuai dengan kebutuhan dunia pekerjaan.

“Pak Ganjar sendiri sudah memiliki data-data tentang sektor industri manufaktur, hospitality, retail dan industri lainnya yang mengeluhkan keterampilan dari para tenaga kerja Indonesia," ujarnya.

Ganjar, kata Mahatir, berharap SDM Indonesia siap bekerja dengan skill yang sesuai dengan jurusannya.

"Maka dari itu pak Ganjar mengingatkan kepada generasi muda supaya mendapat pekerjaan sesuai dengan kemampuannya yang dipelajari di perkuliahan, sehingga kita menjadi negara yang mandiri dan negara yang bekerja sendiri,” jelas Mahatir.

Presenter kondang Najwa Shihab menepis anggapan yang menyebutnya tersinggung dengan ucapan Ganjar Pranowo soal ‘lulusan terbaik (perguruan tinggi) masa jadi MC’.

Pewara Mata Najwa tersebut menegaskan dirinya perlu meluruskan posisinya atas pernyataan Ganjar dalam diskusi ‘3 Bacapres Bicara Gagasan’ yang digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Selasa malam (19/9) itu.

“Saya tentu perlu merespons saat itu karena tugas jurnalis, kan, menjernihkan apa yang mungkin masih abu-abu. Makanya, saya terangkan bahwa profesi jurnalis itu bagus dan penting,” ujar Najwa melalui layanan pesan, Kamis (21/9).(mcr10/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler