Polisi Amankan Ribuan Petasan

Minggu, 21 Juli 2013 – 18:01 WIB
JEMBER - Polres Jember berhasil menangkap tersangka pembuat dan penyimpan petasan, Sabtu (20/7). Selain menangkap dua pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti ribuan petasan dari tiga tempat kejadian perkara.

Menurut informasi, polisi mengincar tiga pelaku pembuat petasan di sekitar Tanggul. Operasi pertama dilakukan di rumah AT, warga Dusun Pondokrampal, Desa Pondokjoyo, Semboro. ""Pelaku ternyata sudah kabur dan tidak ada di tempat,"" ujar petugas.

Namun, petugas berhasil membawa sejumlah barang bukti dari hasil penggerebekan di rumah AT. Antara lain, 336 biji selongsong kertas petasan berbagai ukuran, empat bambu kecil untuk penggulung, 1,5 kg obat petasan racikan, dan 4 ons black powder.

Operasi dilanjutkan ke lokasi yang lain. Hasilnya, petugas berhasil menangkap Sugiono, warga Dusun Krajan, Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul.

Dari tangan pelaku, petugas mengamankan banyak barang bukti. ""Salah satunya 2.050 selongsong petasan,"" jelasnya. Juga, ada 170 biji sumbu petasan, 5 ons obat petasan, 3,5 ons black powder, 4 kg potasium, dan 2 kg belerang.

Polisi juga menemukan barang bukti berupa gunting, obeng, lem, dan benang putih untuk sumbu. Ternyata, petugas tidak puas dengan hasil tangkapan itu dan masih memburu pelaku lain yang diduga menyimpan dan membuat petasan. Polisi kemudian mendatangi rumah Toni, 50, warga Dusun Curah putih, Desa Patemon, Kecamatan Tanggul.

Petugas berhasil menemukan 240 biji selongsong petasan, lesung, serta beberapa serbuk untuk membuat bubuk petasan dari tangan pelaku. Polisi mengamankan 2 kg potasium dan 2 ons brom. (ram/jum/wnp/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Maling Motor Tewas Digebuk Massa

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler