Politikus Gerindra Akui Mudik Tahun Ini Lebih Baik dari Sebelumnya

Rabu, 28 Juni 2017 – 18:05 WIB
Pemesanan tiket KA untuk mudik Lebaran 2017 mulai dibuka 17 Maret. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) Partai Gerindra Andre Rosiade menilai penyelenggaraan mudik Lebaran 2017 jauh lebih baik dari mudik Lebaran 2016 lalu.

Hal tersebut dapat terwujud karena kerja keras lintas kementerian/lembaga bersama pemangku kepentingan terkait serta peran dan kesadaran masyarakat dalam rangka menyukseskan 'agenda' tahunan tersebut.

BACA JUGA: Kementerian dan Pemda Harus Berkoordinasi Antisipasi Arus Balik Lebaran

"Harus diakui mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Saya rasa pemerintah belajar banyak dari kejadian tahun lalu, dari insiden di Tol Brexit,” ujar Andre di Jakarta, Rabu (28/6).

Menurut Andre, pembangunan sarana dan prasarana jalan untuk mudik lebaran 2017 yang dilakukan pemerintah terlihat dari pembenahan di Kabupaten Brebes dan Tegal.

BACA JUGA: Jangan Berlama-lama di Rest Area!

Ia kemudian merujuk pembangunan empat fly over oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di dua daerah tersebut.

Untuk Tol Trans Jawa sepanjang 115 kilometer, dari Pintu Tol Brebes Timur (Brexit) hingga Waleri dapat dilalui pemudik meski masih bersifat fungsional atau darurat. Fungsionalisasi jalan tol tersebut memperlancar arus mudik 2017.

BACA JUGA: Begini Persiapan Arus Balik di Cikarut

Rest area yang disiapkan juga cukup banyak. Mencapai tujuh titik di ruas Tol Pejagan-Pemalang. Masing-masing di Kilometer 296A, 311A dan 303A, Pejagan-Pemalang di KM 341+600A, KM 367+200A dan di KM 402A dan 448A. Dengan demikian kemacetan di Tegal, Pekalongan, Batang hingga kawasan Alas Roban dapat dihindari.

Sementara untuk 65 kilometer Tol Trans Sumatera yang difungsikan yakni Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya, Medan-Binjai, dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Peningkatan juga dilakukan di sektor transportasi laut dan udara guna memastikan keselamatan dan keamanan selama perjalanan mudik masyarakat.

"Ngomong mudik itu tidak lepas dari Jalur Pantura, kami acungi jempol untuk kerja Pak Basuki (Menteri PUPR) dan Pak Menhub (Budi Karya Sumadi). Kami juga mencatat ada empat fly over perlintasan sebidang pada rel kereta api sehingga menghindarkan terjadinya kepadatan pemudik," ucapnya.

Andre berharap kelancaran mudik 2017 dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi ke depan. Dengan begitu momentum kebahagiaan umat Islam untuk bersua dengan orang tua dan kerabat di kampung benar-benar terwujud dengan baik.

Secara khusus Andre juga menyampaikan apresiasinya kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas) yang menyiagakan personelnya pada titik-titik rawan macet.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemarin, 88 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Lewat Cikarut


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler