Politikus PKS Ini Dukung Gagasan Mendikbud dengan Syarat...

Selasa, 09 Agustus 2016 – 11:35 WIB
ILUSTRASI. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih menyambut baik gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi yang akan menerapkan sistem sekolah sehari penuh (full day school/FDS). Namun, pihaknya setuju dengan catatan.

Alasan Fikri setuju dengan gagasan tersebut, karena waktu di sekolah lebih lama sehingga target-target kurikulum bisa dituntaskan sesuai tujuan pendidikan nasional.

BACA JUGA: Kak Seto: FDS Rampas Kebersamaan dengan Keluarga

"FDS memperkecil dampak budaya negatif yang berkembang di luar dunia pendidikan," kata Fikri, Selasa (9/8) menyampaikan alasannya mendukung gagasan Menteri Muhadjir.

Namun, sebelum menerapkan FDS, pemerintah harus segera mengatasi kendala utama di sekolah, memberi ruang yang luas, reward serta apresiasi terhadap guru yang kreatif-inovatif dan berprestasi.

BACA JUGA: FDS Masih Dikaji, Mendikbud: Bukan Belajar Seharian Penuh, tapi...

"Kalau tidak, sekolah akan membosankan bagi siswa dan guru itu sendiri. Sarana dan prasarana edukasi juga harus segera dilengkapi sesuai tuntutan kurikulum," pintanya.

Bila syarat-syarat tersebut belum dipenuhi, kata dia, maka penerapan sistem FDS tidak boleh menyeluruh. Pemerintah harus memilih mana satuan pendidikan yang sudah siap.

BACA JUGA: Sekolah Sehari Penuh Akan Diterapkan secara Nasional, Ini Penjelasan Menteri

"Jangan paksakan semua sekolah harus menerapkannya," pungkas wakil rakyat dapil Jawa Tengah.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendikbud Wacanakan Sekolah Sehari Penuh, Ini Reaksi DPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler