Polri Ragukan Video Mesuji versi Saurip Kadi

Gandeng Ahli IT Untuk Mendalami

Selasa, 17 Januari 2012 – 22:22 WIB

JAKARTA - Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri akan mendalami video bentrok Mesuji yang ditemukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Mesuji. Keputusan itu diambil guna mengetahui fakta sebenarnya yang terjadi dalam bentrok yang bermula dari sengketa agraria itu.

"Kita minta data itu, kita olah, nanti kita kerjasama dengan ahli IT (informasi teknologi,red) apakah ini ada rekayasa pembuataannya, atau mungkin dipotong-potong dan digabung dengan video lain,’’ ujar Kabareskrim Polri Komjen (pol) Sutarman di Mabes Polri Jakarta Selasa (17/1).

Sutarman menyampaikan hal itu, menyusul beredarnya video pembunuhan warga yang sampai ke Komisi III DPR beberapa waktu lalu. Video yang dibawa warga dan Mantan Aster KSAD Mayjen TNI (Purn) Saurip Kadi tersebut sempat menghebohkan mengingat berisi adegan brutal terhadap warga.

Namun belakangan TGPF menyebut bahwa video tersebut merupakan gabungan dari sejumlah lokasi yang perlu dikaji ulang kebenarannya. ‘’Ternyata video yang disampaikan video Saurip Kadi ternyata itu sebagian tidak benar.  Video itu sebagai petunjuk,’’ tambah Sutarman.

Seperti diketahui, pemerintah telah membentuk TGPF yang dipimpin Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Deny Indrayana. Salah satu temuan dari tim ini adalah adanya video versi lain, selain yang dibawa warga Mesuji ke Senayan beberapa waktu lalu.(zul/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pastikan Seluruh TPS di NAD Dijaga Polisi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler