Polri Siap Urai Kepadatan di Pemalang Exit Selama Mudik

Sabtu, 19 Mei 2018 – 15:42 WIB
Salah satu gerbang tol ruas Pejagan-Pemalang di Kalimati, Kecamatan Adiwerna, Tegal. Foto: radartegal.com

jpnn.com, JAKARTA - Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengecek langsung ruas jalur mudik yang bakal dilalui pemudik lebaran 2018.

Royke meninjau ruas jalan tol mulai dari tol Cikampek, Cikopo-Palimanan, Pejagan, Brebes Timur (Brexit) hingga pintu keluar tol Pemalang, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Masyarakat Diminta tidak Mudik Menggunakan Sepeda Motor

Usai mengecek dengan jalur darat, Royke memprediksi bakal terjadi kepadatan di pintu keluar tol Gandulan, Pemalang,Jawa Tengah arah ke tol Semarang, Jawa Tengah.

"Ini titik krusial yang kami pikirkan. Ini (titik) kepadatan terjadi di sini, khusus yang arah ke Semarang. Karena, di sana gate (pintu) pembayaran ada antrean," ujar dia, Sabtu (19/5).

BACA JUGA: Mudik Pakai Mobil Baru, Cek Promo Avanza, Ertiga dan Confero

Jenderal bintang dua ini menambahkan, kalau tidak mengatur arus lalu lintas dengan baik, maka akan terjadi penumpukan kendaraan di pintu tol Gandulan.

"Dalam pengaturan trafic-nya, kami akan atur di pintu-pintu keluar ke pantur. Kami juga akan atur di gate-gate sebelumnya Palimanan dan di Cikarang. Manajemennya seperti itu," ujarnya.

BACA JUGA: Layani Mudik Lebaran Pelni Siapkan 26 Armada

Dia juga mengatakan, beberapa hari sebelum kegiatan mudik, semua proyek pembangunan di sepanjang tol Cikampek akan dihentikan. Hal ini agar tidak terjadi kemacetan di sepanjang ruas jalan itu.

"Info dari PUPR komitmen, pengerjaan eleveted, LRT (Light Rail Transit) berhenti di H-10 (lebaran)," ujarnya.

Sementara itu, untuk proses pengerjaan proyek pembangunan jalan tol dari Brebes Timur hingga tol Gandulan, Pemalang, Jawa Tengah, sudah hampir selesai proses pengerjaannya.

"Kami lihat tadi dari Kaligangsa atau Brexit ke titik sini exit Pemalang, pengerjaannya sudah 99 persen," ujar Royke.

Maka, dalam mudik Lebaran Idul Fitri 2018 ini, ruas jalan itu bisa dilalui para pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

"Sesuai target H-15, paling lambat H-10 sudah selesai (pengerjaannya). Paling lambat akhir Mei atau awal Juni clear," tandas dia. (mg1/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertamina Siap Amankan BBM - LPG Selama Ramadan


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Arus Mudik   mudik   Pemalang  

Terpopuler