Popcon Asia 2017: Ultah Setengah Abad Si Buta sampai Pocong Man

Senin, 07 Agustus 2017 – 07:37 WIB
Si Buta dari Gua Hantu di Popcon Asia 2017. (Dedi Yondra/JawaPos.com)

jpnn.com - Popcon Asia 2017 resmi berakhir kemarin, Minggu (6/8). Banyak hal menarik di hari pamungkas festival budaya pop terbesar Asia Tenggara ini.

Berikut empat di antaranya:

BACA JUGA: Knight Kris, Angkat Budaya Tradisional Lewat Animasi

1. Stella Jadi Dubber

STUDIO animasi Indonesia, Viva Fantasia, tengah menggarap anime 3D berjudul Knight Kris. Kisah fantasi yang mengambil elemen pewayangan itu akan ditayangkan November mendatang. Nah, salah seorang pengisi suaranya adalah alumnus JKT48, Stella Cornelia. Bagi dia, mengisi suara film animasi adalah pengalaman baru.

BACA JUGA: Otong Cs Kembali Menyalamatkan Dunia di Komik Koil: Fallen Gods

’’Karena ini made in Indonesia, jadi aku pengin banget terlibat. Apalagi ini film anak-anak, salah satu impian aku,’’ ungkap Stella kemarin. ’’Aku pengin banget bangun dan buat sesuatu untuk anak-anak Indonesia,’’ lanjutnya.

Sebelum filmnya tayang, Knight Kris dirilis dalam bentuk novel. Judulnya Knight Kris: Bayu dan Keris Kesatria. ’’Sebagai persiapan dan pendalaman tokoh, aku baca novelnya dulu,’’ ucap Stella. Dia juga akan menyanyikan soundtrack film tersebut. Deddy Corbuzier, yang bertindak sebagai produser eksekutif, dikabarkan juga menjadi dubber. Tapi, tokohnya masih rahasia.

BACA JUGA: Ha ha ha..Ada Booth Paspor Kedutaan Besar Bekasi di Popcon Asia

 

2. Selamat Ultah Setengah Abad Si Buta

TAHUN ini karakter Si Buta dari Gua Hantu yang ditulis mendiang Ganes TH tepat berusia 50 tahun. Merayakan hal tersebut, studio komik Bumi Langit membuat proyek (R)EVOLUSI, yakni menulis lagi komik dari berbagai karakter legendaris Indonesia. Selain Si Buta, ada superhero nasional lain seperti Maza, Aquanus, Mandala, Sri Asih, Gundala, Virgo, dan Godam.

’’Ini untuk pembaca zaman sekarang. Anak-anak banyak yang nggak tahu (karakter-karakter populer ini), padahal mereka dulu berjaya,’’ tutur Oyasujiwo, penulis dan editor senior Bumi Langit. ’’Kita undang para komikus untuk menggarap karakter itu,’’ lanjutnya.

Komik-komik baru itu akan dibuat lebih kekinian dalam hal teknik menggambar dan pewarnaan, tanpa kehilangan sentuhan klasiknya. ’’Lebih colorful, yang jelas, sehingga lebih menarik buat pembaca baru,’’ kata Oyasujiwo. Kisahnya pun melanjutkan petualangan mereka yang terdahulu.

 

3. Pocong Man dan Ayam Flu Burung

JTOKU, studio karakter asal Jogjakarta, memeriahkan Popcon Asia 2017 dengan lucu. Mereka memperkenalkan karakter yang diambil dari kisah-kisah legenda dan urban legend di Indonesia. Yakni, Pocong Man, Gatotkaca, Ksatria Baja Ammar, dan Garuda Man. Pocong Man cukup menarik perhatian. Dia adalah superhero yang berbalut kain kafan (semoga dia tidak keserimpet). Sedangkan Ksatria Baja Ammar berwujud ayam jantan warna putih yang berubah gara-gara terkena virus flu burung.

 

4. All-out Bermain Kostum

HARI terakhir Popcon Asia 2017 kemarin juga dimeriahkan Cosplay Contest. Tidak mengherankan kalau banyak pengunjung yang tampil dengan dandanan heboh. Tokoh-tokoh yang diadopsi pun sangat bervariasi. Ada superhero semacam Power Rangers, Spider-Man, dan Wonder Woman. Ada juga bajak laut dari film Pirates of the Caribbean hingga tokoh-tokoh animasi. (glo/c19/na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Si Juki Jalan-Jalan, Kolaborasi Komik Indonesia-Korsel Pertama


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler