Portugal Kalah, Jadi Olok-Olokan Media Jerman

Senin, 04 Juni 2012 – 08:19 WIB
KEKALAHAN mengejutkan Portugal dari Turki menuai sorotan dari banyak pihak, khususnya media. Yang menarik, sorotan tajam justru muncul dari media Jerman dibandingkan media Portugal. Hal itu tak lepas karena Jerman merupakan lawan perdana Portugal di Euro 2012 (9/6).

Beberapa media Jerman pun merespons kekalahan Portugal sebagai kesempatan bagus Die Mannschaft -sebutan Jerman- mengawali Euro dengan kemenangan. "Portugal Tidak Menakutkan". Demikian tulis Bild besar-besar di judul halaman utama mereka.

"Portugal Kalah 1-3 dari Turki! Peringatan bagi Jerman". sindir Kicker.

Di kesempatan terpisah, menyikapi kekalahan Portugal, der trainer Jerman Joachim Loew tidak terpancing untuk ikut alur dengan media-media di negerinya. Portugal memang mencatat hasil buruk dalam dua laga pemanasan mereka.

Tapi, lanjut Loew, timnya juga tidak mencatat hasil sempurna dalam dua laga pemanasan mereka. Sekalipun menang dua gol tanpa balas atas Israel (31/5), Die Mannschaft kalah 3-5 dari Swiss empat hari sebelumnya. Dalam uji coba perdana di tahun ini (29/2), Philipp Lahm cs juga keok 1-2 dari Prancis.

"Kami belum berada dalam performa terbaik dan masih harus improve," jelas Loew sehari sebelum keberangkatan skuad Jerman ke Polandia kepada Sky Sports.

"Organisasi permainan sudah berjalan dengan baik, tapi kami masih harus mengasah penyelesaian akhir," sambung pelatih yang akrab disapa Jogi tersebut.

Di sisi lain, Loew juga bisa lebih tenang menjalani Euro. Sebab, sekalipun Jerman gaga, pelatih yang terikat kontrak hingga 2014 itu tidak akan dipecat. Seperti yang diungkapkan Direktur Teknik DFB (Federasi Sepak Bola Jerman) Matthias Sammer.

"Apabila hasilnya (di Euro 2012) tidak sesuai harapan, kami akan tetap mempertahankannya mengingat pekerjaan berkualitas tinggi yang dilakukan Jogi sejak 2006," ungkap mantan defender Jerman periode 1990-an itu kepada majalah Focus.

Loew menangani Jerman seusai Piala Dunia 2006. Dia naik pangkat dari asisten pelatih Juergen Klinsmaan yang mundur seusai turnamen. Di bawah kendali pelatih 52 tahun tersebut, Die Mannschaft finis runner-up di Euro 2008 dan tampil sebagai peringkat ketiga di Piala Dunia 2010. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Casillas Pimpin Club 100

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler