Portugal Redam Dinamit

Kamis, 14 Juni 2012 – 01:00 WIB
Lars Jacobsen (kiri) membayangi Cristiano Ronaldo yang mencoba melakukan tembakan ke gawang Denmark pada pertandingan babak penyisihan di Grup B Euro 2012. Foto: Getty Images

LVIV - Portugal berhasil meredam Denmark 3-2 pada babak penyisihan Grup B Euro 2012 yang digelar di Lviv Arena, Ukraina, Rabu (13/6) malam. Dengan kemenangan ini, Seleccao das Quinas -julukan timnas Portugal- membuat persaingan grup yang dianggap neraka itu semakin panas.

Gol kemenangan Portugal masing-masing dicetak Pepe (24) dan Helder Postiga (36) dan Silvestre Varela menit 87. Sedangkan gol balasan Dinamit -julukan Denmark- diciptakan Nicklas Bendtner masing ke-41 dan 80. 

Cristiano dkk kini baru mengoleksi tiga poin setelah sebelumnya kalah melawan Jerman 1-0. Kemenangan ini sekaligus menjaga peluang untuk bisa lolos ke perempat final.

Langkah Denmark sendiri harus tertahan. Anak asuhan Morten Olsen ini tetap mengantongi poin 3 setelah sebelumnya mengalahkan Belanda 1-0.

Portugal akhirnya membuka asa setelah mampu unggul lebih dulu lewat sundulan Pepe. Gol ini lahir dari bintang berkepala plontos asal Real Madrid, yang memanfaatkan sepakan pojok Joao Moutinho.

Tak berhenti di sini, gol perdana ini semakin membuat anak asuh Paulo Bento ini meningkatkan tekanan. Hasilnya berbuah setelah Helder Postiga berhasil mengkonversi umpan matang  winger Manchester United, Nani, menjadi sebuah gol.

Tertinggal 2-0, skuad Denmark berupaya membalas. Setelah beberapa peluang yang tak bisa masuk ke jala, menit ke 41 Nicklas Bendtner berhasil membobol jala Rui Patricio.

Gol ini lahir dari umpan matang pencetak gol tunggal Denmark saat melibas Belanda pekan lalu  Michael Krohn-Dehli. Bendtner yang berdiri bebas di muka jala Portugal mampu menyundul bola dengan tenang. Gol ini menutup paruh pertama dengan skor 2-1 untuk keunggulan Portugal.

Menit 78 sebetulnya Portugal bisa menambah keunggulan. Sayang CR7 -julukan Ronaldo- yang lolos dari jebakan off-side mendapat umpan matang dari Nani tak mampu menaklukkan penjaga gawang Denmark, Andersen. Tendangannya belum melebar meskipun tinggap berhadapa dengan Andersen.

Justru Bendtner kembali mencatatkan namanya di papan skor. Lewat umpan Lars Jacobsen yang melakukan penetrasi dari sisi kanan jantung pertahanan Portugal, Bendtner yang terbebas dari kawalan Pepe berhasil menyundul bola dengan sempurna.

Namun skor 2-2 hanya bertahan sementara. Portugal berhasil memastikan memetik poin tiga melalui kaki Silvestre Varela pada menit 87. Skor 3-2 bagi keunggulan Portugal bertahan hingga wasit C Thomson meniup pluit panjang. (zul/awa/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Menit 36, Portugal Gandakan Keunggulan 2-0


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler