PPK Kemayoran Dorong Pertumbuhan Bisnis Kuliner Lewat Optimalisasi Pemanfaatan Lahan

Senin, 12 Agustus 2024 – 20:32 WIB
Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran mendorong pertumbuhan bisnis kuliner di Kawasan Kemayoran. Foto: Dokumentasi PPK Kemayoran

jpnn.com, KEMAYORAN - Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran berupaya mengoptimalkan pemanfaatan lahan dan infrastruktur untuk mendukung kegiatan komersial, termasuk sektor kuliner.

Direktur Pemberdayaan Kawasan PPK Kemayoran Yudi Sugara mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya strategis dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaku bisnis kuliner.

BACA JUGA: PPK Kemayoran Gelar Turnamen Golf, Diikuti Ratusan Pemain Amatir hingga Profesional 

"Kami fokus pada pengembangan fasilitas dan penataan kawasan yang strategis. Tujuannya adalah agar para pelaku bisnis kuliner tumbuh dan berkembang dengan baik di Kemayoran," kata Yudi dalam keterangannya, Senin (12/8)

Bisnis kuliner sedang berkembang seiring dengan peningkatan minat masyarakat terhadap kuliner yang beragam.

BACA JUGA: PPK Kemayoran Bakal Jadi Pusat Perayaan Waisak Umat Budha di Jakarta

Tren ini juga didorong oleh kemajuan teknologi, seperti penggunaan aplikasi pemesanan makanan online yang memudahkan pelanggan.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis Juni 2022, terdapat 11.223 usaha kuliner yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2020. Sebanyak 71,6 persen di antaranya berupa restoran atau rumah makan, 2,4 persen berupa katering, dan sisanya sekitar 26 persen masuk dalam kategori lainnya.

BACA JUGA: PPK Kemayoran Bangun IPAL di Utan Kemayoran, Bakal Rampung Tahun Ini

DKI Jakarta menduduki peringkat pertama provinsi dengan jumlah usaha kuliner terbanyak, dengan total 5.159 usaha pada tahun 2020.

Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan provinsi lainnya hingga hampir 4 kali lipat dibandingkan Jawa Barat yang berada di posisi ke-2, dengan total 1.414 usaha pada tahun 2020.

Kemayoran merupakan salah satu wilayah yang mengalami pertumbuhan signifikan dengan meningkatnya bisnis kuliner di Jakarta.

Di tahun 2024 terdapat kurang lebih 10 bisnis kuliner baru yang hadir di Kemayoran, seperti cafe, restoran maupun franchise.

“Meningkatnya pertumbuhan bisnis kuliner di Kemayoran menjadikan kawasan ini sebagai salah satu pusat ekonomi yang dinamis di Jakarta," kata Yudi,

Menurut Yudi, dengan pertumbuhan yang pesat ini, Kemayoran telah menarik perhatian banyak investor yang ingin mengembangkan berbagai konsep tempat kuliner baru dari yang tradisional hingga modern.

Selain itu, lanjutnya, berbagai event berskala besar yang diadakan secara rutin di Kemayoran turut menambah daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung.

Melalui upaya ini, kata Yudi, pihaknya berharap dapat meningkatkan perekonomian lokal serta memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

"Kami ingin Kemayoran menjadi salah satu pusat kuliner terkemuka di Jakarta yang tidak hanya menawarkan keanekaragaman kuliner tetapi juga pengalaman yang nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung," ujar Yudi. (mar1/jpnn)


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler