Prabowo Ajak Ridwan Kamil Bertemu, Golkar Sebut Proses Mencari Pemenang

Kamis, 14 September 2023 – 23:49 WIB
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Golkar Melchias Markus Mekeng menilai wajar pertemuan Bakal Capres 2024 Prabowo Subianto dengan politikus parpol berkelir kuning Ridwan Kamil atau RK.

Sebab, kata dia, pertemuan itu menjadi bagian dari proses yang dilalui Prabowo menjajaki tokoh yang dianggap berpotensi menjadi cawapres di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

BACA JUGA: Prabowo dan Yusril Saling Melengkapi, Sama-sama Punya Kapasitas ini

”Makanya dipanggil (RK, red), diajak mengobrol begitu, lo, sehingga nanti muncul, dia akan memutuskan koalisinya siapa yang lebih pantas, yang bisa memenangkan,” kata Mekeng kepada awak media di Jakarta, Kamis (14/9).

Menurutnya, komunikasi Prabowo kepada RK tentu ingin memastikan KIM bisa meraih kemenangan saat Pilpres 2024. 

BACA JUGA: Egaliter & Bermusyawarah, Prabowo Dinilai sebagai Pemimpin Demokratis

Diketahui, KIM adalah poros koalisi yang dibentuk Gerindra, Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mendukung Prabowo sebagai Capres 2024.

"Ini, kan, umpamanya mengawinkan capres dengan cawapres. Jangan mengawinkan tetapi enggak jadi menang,” kata Mekeng. 

BACA JUGA: 3 Nama Berpeluang Dampingi Prabowo, Seorang di Antaranya Didukung Presiden Jokowi

Dia menyadari Prabowo dalam mencari sosok cawapres pendamping turut menemui beberapa tokoh selain RK, seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hingga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. 

Mekeng menduga langkah Prabowo yang mengundang RK menjadi penjajakan akhir sebelum menentukan sosok cawapres pendamping.

”Sebelum mengambil keputusan siapa yang akan dijadikan pendampingnya,” kata dia. 

Senada dengan Mekeng, Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade menyebut pertemuan Prabowo dengan RK hal yang wajar.

”Pertemuan tadi malam, selain silaturahmi lalu juga makan malam, Kang Emil memberikan update-update perkembangan pembangunan di Jawa Barat kepada Pak Prabowo,” katanya kepada awak media, Kamis. 

Toh, kata Andre, RK berstatus sebagai satu di antara Waketum Golkar yang partai berkelir kuning itu dalam satu barisan di KIM.

”Saya rasa wajar, selain punya hubungan sejarah, silaturahmi yang kuat, Kang Emil juga merupakan bagian dari keluarga Partai Golkar yang juga ada di Koalisi Indonesia Maju,” katanya.

Sebelumnya, Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (13/9) menerima kedatangan RK.

Prabowo bahkan menerima hadiah saat menyambut RK dan mengunggah momen di akun mantan Danjen Kopassus itu di Instagram. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler