Prabowo Diragukan Bisa Menguasai Panggung Debat Ketiga

Minggu, 31 Desember 2023 – 12:08 WIB
Prabowo Subianto (tengah) saat debat pertama, 12 Desember. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - PADANG - Pakar politik dari Universitas Andalas Padang Asrinaldi mengatakan capres bernomor urut 2 Prabowo Subianto belum tentu bisa menguasai panggung debat ketiga Pilpres 2024, yang bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat ketiga akan digelar pada Minggu, 7 Januari.

BACA JUGA: Hasil Survei CSIS Bikin Pendukung Prabowo-Gibran Makin Percaya Diri

"Apakah debat ini akan mengangkat Prabowo? Tergantung cara dia menjelaskan. Gagasan dia terkait dengan kebijakan pertahanan akan menggambarkan tentang penguasaan dia," katanya.

Asrinaldi menyebut tema pertahanan dan keamanan memang merupakan bidang yang erat kaitannya dengan sosok Prabowo yang berlatar belakang militer.

BACA JUGA: Kampanye Desak Anies Mengalahkan Gemoy Prabowo, Ini Buktinya

Namun, persoalan pertahanan dan keamanan terus mengalami perkembangan, tidak hanya mengenai persoalan alat utama sistem persenjataan (alutsista), tetapi juga sistem pertahanan yang berkaitan dengan teknologi.

"Jadi, tidak hanya bicara tentang sistem pertahanan yang konvensional. Saya yakin dan percaya tentu pasangan calon yang lain, 01 dan 03, juga akan mempelajari dengan baik, termasuk tema debat terkait ini," ujarnya.

BACA JUGA: Mubalig Muda Apresiasi Pendekatan Politik Prabowo-Gibran

Selain itu, pembawaan dan gaya Prabowo saat berada di panggung debat juga memiliki pengaruh yang besar pada elektabilitasnya setelah debat.

Menurut Asrinaldi, retorika seorang calon presiden saat menyampaikan gagasan terkait dengan kebijakan pertahanan di hadapan publik menjadi gambaran tentang penguasaannya terhadap persoalan.

"Kalau jawaban atau penjelasannya sama dengan debat pertama, ya, saya pikir akan jadi persoalan dan tidak akan menjadi daya ungkit bagi dia untuk menunjukkan bahwa dia menguasai kebijakan pertahanan keamanan," kata Asrinaldi.

"Sebaliknya, kalau bisa menjelaskan dengan baik, tidak emosional, dan menunjukkan dia sebagai calon presiden tentu akan mendapat nilai tambah bagi Prabowo karena dia memang bidangnya menjelaskan bagaimana kebijakan pertahanan keamanan nanti," imbuhnya. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler