Prabowo Resmi Jadi Presiden RI, Program Makan Siang Gratis di Jawa Barat Langsung Jalan

Selasa, 22 Oktober 2024 – 11:55 WIB
Para siswa di SDN Lemburmuncang, Soreang, Kabupaten Bandung menerima makan siang gratis program pemerintah. Foto: Humas Polresta Bandung

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah daerah di Jawa Barat mulai melaksanakan program makan siang gratis yang dicanangkan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia menggantikan kepemimpinan dua periode Joko Widodo.

BACA JUGA: Dukung Program Makan Siang Gratis, PLTU Suralaya di Cilegon Ambil Peran Ini

Sesuai dengan janji kampanyenya, setelah pelantikan program makan siang gratis bagi pelajar mulai dilaksanakan. Sebelumnya, program ini sudah dilakukan uji coba di sejumlah daerah.

Di Bandung Raya misalnya, bertempat di SD Al Muiz, Jalan Gedebage Selatan, Kecamatan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, para siswa menerima makan siang gratis.

BACA JUGA: Tengok Makan Siang Gratis di Kota Cilegon, Wiranto Menyuapi Anak SD

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kasat Binmas Polrestabes Bandung, Kapolsek Gedebage, Disdik Kota Bandung, Camat Gedebage, Danramil Buahbatu, Kepala Sekolah SD Al Muiz serta siswa siswi SD Al Muiz.

Kasat Binmas Polrestabes Bandung AKBP Kusno Diyantara mengatakan bahwa program makan bergizi gratis yang dilaksanakan sesuai program unggulan Presiden Prabowo Subianto ini sangat bermanfaat dan sangat tepat.

BACA JUGA: Relawan Bang Emil Teman Kita Bagikan Makan Siang Gratis di Ratusan Titik

"Program makan siang gratis ini untuk menunjang anak - anak belajar karena tidak semua anak yang berangkat ke sekolah dibekali dengan sarapan." Kata Kusno dalam keterangannya, Selasa (22/10).

"Tidak semua anak dalam makan sehari - harinya terpenuhi nilai gizi yang mencakup 4 sehat 5 sempurna,” lanjutnya.

Menurutnya, pemberian makanan sehat dan bergizi dilakukan guna meningkatkan kesadaran semua pihak agar menjaga pola makan sejak dini.

“Ini juga untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak,” ucapnya.

Kemudian, pemberian makan siang gratis juga dilakukan di SDN Lemburmuncang, Soreang, Kabupaten Bandung.

Monitoring pemberian makan bergizi gratis ini dipimpin langsung Kasat Binmas Polresta Bandung, Akp Hasbi didampingi unsur TNI, Dinas Pendidikan Dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung

"Kebijakan ini merupakan inisiatif Presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto, yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia," kata Kasat Binmas Polresta Bandung AKP Hasbi.

Hasbi menambahkan, tercatat sebanyak 180 siswa SD Lemburmuncang menjadi penerima manfaat program makanan bergizi.

Menu makanan yang disajikan telah dirancang sesuai dengan gizi seimbang, meliputi nasi, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

"Setiap porsi makanan memiliki nilai ekonomis sebesar Rp15.000," ujarnya.

Hasbi menegaskan pengawasan ketat terus dilakukan untuk memastikan pendistribusian makanan bergizi untuk pelajar ini sesuai dengan yang direncanakan.

"Kami berharap, program ini dapat berjalan lancar, aman dan tertib,” tandasnya. (mcr27/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler