Prabowo Sosok Capres Merangkul Semua Lapisan Masyarakat

Minggu, 20 Agustus 2023 – 20:40 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dinilai sebagai sosok calon presiden (capres) teladan bagi rakyat Indonesia. Sebab, Prabowo merangkul semua lapisan masyarakat tanah air.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo mengatakan adanya perubahan yang terjadi di dalam diri Prabowo turut serta membuatnya menjadi capres favorit bagi semua lapisan masyarakat.

BACA JUGA: Gelar Aksi Sosial, Relawan Mas Bowo Ajak Warga di Sumsel Sukseskan Pilpres 2024

Menurut dia, berbagai macam gestur politik yang ditonjolkan Prabowo makin menegaskan bahwa ketua umum Partai Gerindra itu ialah sosok pemimpin yang bisa merangkul semua lapisan masyarakat. 

“Kelihatan sekali Pak Prabowo, dari gestur-gestur politik di ruang terbuka publik berubah, itu dari sisi tampilan,” kata Ari dalam keterangan tertulis, Minggu (20/8).

BACA JUGA: Tak Terikat Kepentingan Partai, Erick Thohir Berpeluang Besar Diusung jadi Cawapres Pendamping Prabowo

Ari menambahkan dengan adanya perubahan gestur tersebut, Prabowo bisa dikatakan sebagai sosok pemimpin yang merakyat.

Di berbagai kesempatan, Prabowo sangat luwes ketika membaur bersama masyarakat akar rumput.

BACA JUGA: Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Hasto PDIP Singgung Opsi Pemecatan

“Dengan perubahan gestur itu punya motif elektoral, dia hadir menggendong anak, lebih terbuka, lebih santai, ini memang Pak Prabowo mencitrakan diri lebih terbuka dan lebih bisa merangkul semua,” tuturnya.

Sosok Prabowo yang belakangan lebih dekat dengan semua lapisan masyarakat tercermin dari tingginya dukungan yang diberikan,  berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indoensia (LSI) periode survei 1-8 Juli 2023.

Di dalam survei tersebut, Prabowo mengantongi keunggulan dari pemilih yang memiliki pekerjaan dari mulai petani, pengusaha, hingga para pemilih muda.

Dari klaster pekerjaan akar rumput, seperti petani, peternak dan nelayan, Prabowo berhasil mengantongi dukungan 44,9 persen. Kemudian, pada kelompok pemilih pengusaha, dan wiraswasta, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu memperoleh dukungan 37,8 persen.

Adapun pada pemilih muda atau yang masih bersekolah dan menempuh pendidikan tinggi, Prabowo sukses mengantongi mayoritas dukungan dengan total 55,6 persen.

Oleh karena itu, Ari menekankan upaya-upaya yang dilakukan Prabowo belakangan ini memang menelurkan hasil yang optimal.

Kegiatan-kegiatan safari politik yang dilakukan Prabowo terbukti mengerek tingkat elektabilitasnya makin kokoh dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Pak Prabowo ini melakukan safari politik ke semua kelompok dan golongan, lebih terbuka dan open, itu yang membuat Pak Prabowo faktor elektabilitasnya terus bergerak,” pungkasnya. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Prabowo   Capres   Pilpres   Menhan  

Terpopuler