Prajurit TNI AU Ikut Tes Urine, Marsma Danang: Transaksi Narkoba telah Bermutasi

Jumat, 22 Oktober 2021 – 00:15 WIB
Prajurit TNI AU mengikuti kegiatan tes urine. Foto: dok TNI AU

jpnn.com, BANDA ACEH - TNI AU menyelenggarakan kegiatan tes urine dan sosialisasi tentang narkotika di GOR Praka Sutrisno, Lanud Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM), Banda Aceh, Kamis (21/10)

Komandan Satuan Tugas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika TNI Angkatan Udara (Dansatgas P4GN TNI AU), Marsma TNI Danang Sulistyanto mengatakan pelaksanaan kegiatan itu merupakan upaya strategis mencegah penyalahgunaan dan peredaran narkokotika di lingkungan TNI AU.

BACA JUGA: Prajurit TNI AL Sudah Tiba, Brigjen Achmad Fauzi: Ini adalah Kekuatan dari Mabes

Hal ini disampaikan Marsma Danang dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kolonel Sus Zia Fahrizal.

Tes urine dan sosialisasi tentang narkotika ini, diikuti oleh segenap personel Lanud SIM dan prajurit Kompi C Batalyon Komando 469 Paskhas.

BACA JUGA: Kronologis Pengeroyokan yang Dialami Prajurit TNI AU

”Apa yang kita laksanakan ini, merupakan upaya strategis dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkotika yang penanganannya memerlukan peranan aktif dari segenap lapisan masyarakat, termasuk kita sebagai prajurit," tegasnya.

Masih dalam sambutannya, Dansatgas mengungkapkan jaringan pengedar narkoba terus berinovasi dalam mengedarkan barang haramnya.

BACA JUGA: Hebat! Atlet TNI AU Raih 27 Medali di PON XX Papua

Salah satunya melibatkan kaum perempuan dan anak-anak, baik sebagai kurir maupun sebagai pengguna.

Perederannya pun, lanjut Marsma Danang, memanfaatkan berbagai jalur. Termasuk melalui jalur udara dengan memanfaatkan jalur penerbangan komersil.

Untuk itu, Dansatgas P4GN TNI AU menghimbau segenap personel TNI AU, agar selalu waspada dan turut berperan aktif dalam upaya pencegahan peredaraan dan penggunaan narkotika, yang saat ini juga telah memanfaatkan teknologi dalam menjalankan modus operandinya.

"Transaksi narkoba telah bermutasi dari modus operandi tradisional, beralih kepada penggunaan teknologi secara daring dalam berbagai bentuk," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Danlanud SIM, Kolonel Pnb Henri Ahmad Badawi menegaskan komitmen satuannya dalam melawan dan memberantas narkotika, termasuk menindak tegas setiap personel yang terlibat, baik sebagai pengguna, maupun sebagai pengedar narkoba.

Saat acara berlangsung, Danlanud SIM menerima rompi sebagai Agen P4GN TNI AU wilayah Lanud SIM yang diserahkan oleh Kolonel Sus Zia Fahrizal selaku Ketua Tim Satgas.

Pada sesi sosialisasi, seluruh peserta menerima sejumlah materi tentang narkotika.

Di antaranya materi bahaya narkoba dari sudut pandang kesehatan yang dipaparkan oleh oleh Letkol Kes Ns. Sri Mulyatiningsih, M. Kep. Materi aspek hukum penyalahgunaan narkotika oleh Letkol Sus Suharmoko.

Selanjutnya juga dipaparkan tentang Proses penanganan tindak pidana narkotika di lingkungan TNI AU oleh Kolonel Pom Agung Satya Wibowo dan bidang pencegahan pembinaan mental oleh Letkol Sus Ahmad Mediansyah.

Acara yang diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 ini, turut dihadiri oleh para pejabat utama Lanud SIM. (flo/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler