Pram-Si Doel Jungkal Ridwan Kamil dan Dharma di Pilgub Jakarta versi LSI

Rabu, 23 Oktober 2024 – 15:09 WIB
Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Pramono Anung (kanan) dan Rano Karno (kiri). Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan mengatakan hasil riset yang dilakukannya pasangan Pramono-Rano Karno (Si Doel) lebih unggul dari dua pesaingnya di Pilgub Jakarta.

Adapun Pilgub Jakarta diikuti tiga pasangan calon mereka adalah, nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK)-Suswono, kemudian nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno.

BACA JUGA: Berpengalaman & Luwes, Pramono Dianggap Bakal Tuntaskan Persoalan Macet di Jakarta

"Secara elektabilitas, Pram-Doel mendapatkan elektabilitas sebesar 41.6 persen, menyalip RK-Siswono dengan 37.4 persen dan meninggalkan Dharma - Kun 6.6 persen," ujar Djayadi Hanan, Rabu (23/10).

Djayadi menuturkan pasangan yang didukung dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini terekam menguasai hampir seluruh daerah di Jakarta.

BACA JUGA: Serap Aspirasi Warga Jakarta, Pramono-Rano Gunakan Jurus Jaring Asmara

“Pasangan nomor urut 3 Pram-Doel hanya kalah di Jakarta Selatan. Untuk daerah lain seperti Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara Pram-Doel berhasil unggul," ungkapnya

Djayadi menuturkan, Pramono-Doel memiliki peningkatan elektabilitas yang cukup signifikan dalam satu bulan terakhir. Awalnya pasangan itu elektabilitasnya hanya 28.4 persen, kini menjasi 41.6 persen.

"Dari LSI pada tanggal 6-12 September, mereka meraih elektabilitas sebesar 28.4 perseb dan di survei kali ini meraih 41.6 persen, atau mendapatkan peningkatan sebesar 13.2 persen," ungkapnya.

Sekadar informasi, survei dilakukan pada 10-17 Oktober 2024, dengan 1.200 responden. Sampel berasal dari seluruh Kota Administratif di Provinsi Daerah Khusus Jakarta yang terdistribusi secara proporsional.

Survei menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error)±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. Kemudian teknik pengambilan jawaban dengan melakukan wawancara tatap muka.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler