Prananda Prabowo: Rakernas PDIP Memperlihatkan Simbol Keberpihakan

Minggu, 01 Oktober 2023 – 16:27 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP M. Prananda Prabowo saat penutupan Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10). Foto: DPP PDIP.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan M. Prananda Prabowo bersyukur pelaksanaan Rapat Kerja Nasional IV PDIP berjalan dengan baik.

Putra kedua Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri itu menegaskan bahwa soliditas pun terlihat nyata. Tiga pilar partai PDIP juga menunjukkan kekompakan menuju Pemilu 2024.

BACA JUGA: Banyak Pelajar Mendapat Ilmu Baru tentang Pertanian dan Pangan di Pameran Rakernas PDIP

Tema Rakernas IV PDIP "Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia" subtema "Pangan sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia bagi Dunia" merupakan wujud kepedulian PDIP terhadap persoalan di tengah masyarakat.

Menurut Prananda, kehadiran ribuan petani dan Pameran Pangan Plus 2023 merupakan wujud komitmen dari PDIP.  Persoalan pangan sangat penting, sehingga PDIP dalam setiap agenda besar selalu memilih tema yang spesifik.

BACA JUGA: Penutupan Rakernas IV PDIP: Bahas Pemenangan Pemilu, Diakhiri Pidato Megawati Soekarnoputri

"Selama Rakernas IV, Ibu Ketua Umum dua kali berkunjung ke pameran pangan. Hari pertama bersama Pak Jokowi dan Capres Ganjar Pranowo. Hari kedua juga kembali meninjau dan berdialog dengan penjaga stand di arena pameran pangan," kata Prananda yang dalam dua momen tersebut selalu ikut mendampingi Megawati.

Dia menambahkan momen penyerahan bibit padi dari petani kepada Megawati, Presiden Jokowi, dan Ganjar Pranowo di pembukaan rakernas merupakan bentuk simbolisasi keberpihakan.

BACA JUGA: Ganjar Absen Hari Terakhir Rakernas IV, Posisinya di Surabaya Menemui Sosok Spesial 

"Pada Pancasila sila kelima, padi melambangkan pangan dan sandang, yang merupakan syarat utama kemakmuran," ungkap  Prananda.

Lebih lanjut dia menambahkan pemilihan tema Rakernas PDIP bagi sebagian pihak terkesan tidak seksi dalam konteks politik terkini.

Begitu juga di rakernas sebelumnya yang membahas jalur rempah untuk menyadarkan Indonesia negara yang kaya dengan rempah-rempah dan pangan bumbu-bumbuan.

PDIP tetap setia di jalan ideologi dengan membahas dan berupaya menemukan solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah nyata yang dihadapi rakyat.

Prananda menambahkan melalui rakernas ini, PDIP juga menunjukkan soliditas menghadapi Pemilu 2024.

Berbagai arahan yang disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi perhatian utama peserta, termasuk soal menjaga kedisiplinan, semangat gotong royong serta bekerja dengan turun ke bawah atau akar rumput.

"Termasuk menekankan persoalan pangan merupakan hal yang sangat penting," kata Prananda yang dengan menggunakan boogie car menyupiri Megawati meninggalkan arena rakernas.

Prananda juga menyoroti kehadiran pelajar di arena pameran pangan. Menurutnya, momen itu bisa kian menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan berdikari di kalangan muda.

"Diharapkan para pelajar itu, kaum Gen Z, mendapat inspirasi terhadap upaya menggelorakan kemajuan dan semangat berdikari, dan cinta tanah air," lanjutnya.

"PDI Perjuangan mengucap syukur pelaksanaan Rakernas IV berjalan dengan baik," pungkas Prananda yang akrab disapa Mas Nanan itu. (jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler