Prancis Terhindar dari Irlandia

Drawing Grup Kualifikasi Euro 2012

Senin, 08 Februari 2010 – 06:12 WIB
Pelatih Inggris Fabio Capello. Foto: Internet.
WARSAWA - Tidak ada kejutan berarti dalam undian grup kualifikasi Euro 2012 Polandia - Ukraina tadi malamDalam drawing yang dihelat di Warsawa, ibu kota Polandia itu, tidak terjadi grup neraka, atau rivalitas klasik

BACA JUGA: Pecat Amodu, Bidik Hiddink

Prancis dan Irlandia yang berseteru usai playoff kualifikasi Piala Dunia 2010 juga tidak tergabung dalam grup yang sama.

Pendeknya, kualifikasi yang digeber mulai 3 dan 4 September mendatang itu relatif aman
Tim-tim unggulan juga diperkirakan tidak bakal menemui kesulitan lolos ke putaran final

BACA JUGA: Penuh Sesak Penonton Final Bali

Juara bertahan Spanyol bahkan diprediksi menjaga rekor tak terkalahkannya, lantaran tergabung di grup superringan.

La Furia Roja - sebutan Spanyol - berada di Grup I bersama Republik Ceko, Skotlandia, Lithuania, dan Liechtenstein
Di antara keempat kompetitor, sebenarnya Ceko yang cukup punya tradisi di Euro, dan berpotensi jadi ancaman

BACA JUGA: Rio Ferdinand Gantikan John Terry

Namun, seiring berlalunya generasi emas seangkatan Pavel Nedved, prestasi mereka menurun.

Tugas Jerman juga cukup entengMereka berada di Grup A bareng Turki, Austria, Belgia, Kazakhztan, dan AzerbaijanInggris juga masuk grup yang lumayan ringanDi Grup G, pesaing terkuat hanyalah SwissSinar Bulgaria yang pernah jadi kejutan di era 90an sudah meredupWales dan Montenegro bisa dibilang tidak masuk hitungan.

Namun, pelatih Inggris Fabio Capello tidak mau menganggap enteng grupnyaTerutama, karena Rio Ferdinand dkk satu grup Wales, negara yang secara politik ada di bawah wilayah InggrisNamun, di sepak bola, mereka adalah musuh bebuyutan dengan sejarah rivalitas yang cukup panjang.

"Menurut saya, grup paling berat adalah Grup A dan G, dan kami tergabung di Grup G," kata Capello, seperti dikutip Sky Sports"Ini akan menjadi grup yang sangat berat, dengan deretan tim yang hebat-hebat," lanjut pelatih asal Italia itu.

"Melawan Wales nantinya akan jadi seperti derby timnasBakal sangat menarikWales adalah salah satu tim terbaik saat ini, dengan koleksi pemain muda yang sangat berbahayaMenurut saya, setiap pertandingan di Grup ini bakal sangat sulit," lanjut pria berkacamata itu.

Pelatih Wales, John Toshack, tak kalah bersemangat"Melawan Inggris nanti akan sangat menghibur fans WalesSejarah persaingan antara kedua negara di sepak bola sangat panjang, dan tidak ada yang lebih baik daripada bergabung dengan musuh musuh lawas seperti Inggris," papar Toschack kepada BBC Sport.

Minimnya kejutan di drawing kualifikasi itu disebabkan oleh langkah antisipatif UEFASejak awal, organisasi yang dipimpin Michel Platini itu berusaha menghindarkan terjadinya bentrok antara dua negara yang secara politik atau sosial terlibat konflikMisalnya Armenia dan Azerbaijan, atau Rusia dan Georgia yang tengah terlibat sengketa wilayah.

Di sisi lain, pelatih Belanda Bert van Marwijk tidak terlalu antusias mengomentari hasil undian iniSebab, matchday pertama masih cukup jauh, dan dia lebih suka memfokuskan perhatian ke even yang lebih besar, yakni Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

"Saya belum bisa membayangkan kualifikasi Euro bakal seperti apaMasih enam bulan lagi, dan saya ingin anak-anak konsentrasi untuk PD," papar van Marwijk seperti dikutip Goal"Tapi, akan menyenangkan juga kalau kami bertemu HungariaPelatihnya, Erwin Koeman adalah kolega kami," lanjut van Marwijk.

"Kami tidak boleh memandang remeh kompetitor lain di grup kamiNamun sudah pasti kami adalah favoritKami tidak punya alasan untuk takut pada tim manapunNormalnya, kami akan lolos ke Euro 2012," yakinnya(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Deco Pensiun Setelah Piala Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler