Prandelli Peringatkan Balotelli

Rabu, 23 Mei 2012 – 10:22 WIB

ROMA - Mario Balotelli boleh saja jumawa dengan prestasi cemerlangnya bersama klub Manchester City. Namun, prestasi tersebut sama sekali tak menjamin namanya bisa masuk ke dalam skuad timnas Italia dengan mulus. Pelatih timnas Italia Cesare Prandelli pun memintanya memperbaiki sikapnya jika ingin masuk skuad di Euro 2012 nanti.

Peringatan keras yang dilontarkan Prandelli tersebut didasarkan dari rekam jejak Balotelli selama kurun waktu setahun terakhir. Baik itu di dalam lapangan maupun di dalam kehidupan sehari-harinya. "Harusnya dia bisa berubah, mengingat saat ini adalah waktunya dia menjadi bagian dari timnas Italia," kata Prandelli seperti yang dikutip di Telegraph Sport.

Nama Balotelli masuk dalam nominasi penggawa Italia di Euro 2012. Masuknya nama pemain berusia 21 tahun ini diharapkan mampu menjadi kekuatan baru bagi Italia yang krisis penyerang. Tapi, Balotelli bisa saja didepak dari susunan pemain timnas Azzuri jika dia kembali melakukan ulah yang merugikan tim.

Beberapa ulah negatif kerap dilakukan pemain kunci The Citizens (julukan City, Red) itu. Di dalam lapangan, aksinya kerap mengundang sorotan tajam dari publik sepakbola Inggris. Januari silam, Balotelli tertangkap kamera sengaja menginjak kepala gelandang Tottenham Hotspurs Scott Parker.

Akibatnya, Balotelli pun diganjar sanksi larangan bermain selama empat pertandingan di Liga Inggris. Bukan hanya dengan pemain lawan, Balotelli juga kerap berseteru dengan rekan setimnya di City. Nigel de Jong dan Yaya Toure pernah terlibat adu mulut dengannya.

Setali tiga uang dengan aksinya di luar lapangan. Tindakan konyol mulai dari membakar rumahnya sendiri dengan kembang api, hingga memacari wanita panggilan pernah dilakukannya. Paling parah, dia sempat berduel dengan salah seorang penggemar tim sekotanya, Manchester United (MU).

Prandelli berharap sentuhan bola Balotelli yang membantu City merebut gelar juara Liga Inggris bisa menular ke timnas Italia. "Kesempatan ini harusnya bisa dia manfaatkan untuk menuliskan prestasi terbaiknya di lapangan. Bukan malah memperpanjang catatan buruknya selama di luar lapangan," tutur Prandelli.

Jika tetap dipertahankan Prandelli di skuad Italia, maka Euro 2012 akan menjadi debut Balotelli dalam kejuaraan resmi dunia. Balotelli mulai bergabung di timnas Italia sejak junior, yaitu mulai tahun 2008 hingga 2010. Setahun kemudian, dia diorbitkan ke timnas senior. Hingga kini, Balotelli masih mencetak sebiji gol dari tujuh kali penampilan.

Berkaca dari penampilannya bersama City, Italia sangat membutuhkan tenaga Balotelli. Pasalnya, di Euro nanti Italia tergabung dalam grup yang lumayan berat. Italia akan bertarung dengan juara bertahan Spanyol, plus duo kuda hitam Republik Irlandia dan Kroasia. (ren)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pamerkan Tropi Liga Champions


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler