Presiden Jokowi Bakal Buka Mubes X Pemuda Pancasila

Selasa, 22 Oktober 2019 – 23:50 WIB
Ketua Umum PP Japto Soelistyo Soerjosoemarno bersama Waketum PP Bambang Soesatyo di MPN Pemuda Pancasila, Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (22/10). Foto: Aristo Setiawan/jpnm

jpnn.com, JAKARTA - Pemuda Pancasila atau PP berencana menggelar Musyawarah Besar (Mubes) X sekaligus perayaan Hari Ulang Tahun ke-60 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, pada 25 - 28 Oktober 2019.

Acara Mubes X sekaligus perayaan HUT ke-60 itu mengangkat tema "Mengembalikan Marwah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Sesuai Naskah Asli yang Ditetapkan 18 Agustus 1945".

BACA JUGA: Sapma Pemuda Pancasila Siap Mendukung Pemerintahan Jokowi-Maruf

Sesuai rencana, acara Mubes X sekaligus perayaan HUT ke-60 bakal dihadiri oleh 1500 kader PP dari berbagai tingkatan.

Ketua Umum PP Japto Soelistyo Soerjosoemarno menyebut acara Mubes X sekaligus perayaan HUT ke-60 akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

BACA JUGA: Sapma Pemuda Pancasila Dukung Jokowi Terbitkan Perppu KPK

Japto mengungkapkan hal itu dalam keterangan resmi terkait pelaksanaan acara Mubes X sekaligus perayaan HUT ke-60 di MPN Pemuda Pancasila, Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (22/10).

"Akan dibuka tanggal 26 Oktober oleh Pak Presiden RI yaitu Bapak Joko Widodo. Insyaallah kami yang pertama dihadiri presiden ke acara Mubes," kata Japto.

BACA JUGA: Didampingi Bamsoet, Bos Pemuda Pancasila Temui Jokowi di Istana

Sementara itu, kata Japto, Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang nantinya menutup acara Mubes X dan perayaan HUT ke-60 pada 28 Oktober 2019.

Lebih lanjut, Japto mengaku, pihaknya sengaja mengangkat tema "Mengembalikan Marwah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Sesuai Naskah Asli yang Ditetapkan 18 Agustus 1945" di acara Mubes X dan HUT ke-60.

Sebab, Japto merasa resah dengan hasil dari amandemen GBHN. Menurut dia, hasil amandemen memunculkan konflik kesukuan, keagamaan, dan kepartaian.

"Kami melihat dengan adanya amandemen seperti sekarang, terjadi konflik kesukuan, keagamaan, kepartaian dan segala macam. Itu tidak pernah terjadi sebelumnya," ungkap dia.

Nantinya, lanjut Japto, acara Mubes X dan perayaan HUT ke-60 PP bisa digunakan untuk menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo atau Bamsoet untuk menjadi Ketua Umum Golkar.

Menurut Japto, Bamsoet ialah satu di antara kader PP. Oleh karena itu tidak heran jika PP mendukung Bamsoet menjadi Ketua Umum Golkar.

"Saya enggak tahu pembicaraan di Golkar. Cuma kami siap mendukung. Sebab dia kader kami," timpal dia.

Acara Mubes X dan perayaan HUT ke-60 juga diisi dengan proses pemilihan Ketua Umum PP. Proses pemilihan digelar secara aklamasi dengan Japto Soelistyo Soerjosoemarno menjadi Ketua Umum PP. (mg10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler