Presiden Jokowi Hadiri Agenda Penting di Sultra, Ribuan Polisi dan Tentara Bergerak

Kamis, 09 Juni 2022 – 08:02 WIB
Presiden Joko Widodo hendak menaiki pesawat ATR di Pangkalan TNI AU Halueleo untuk bertolak ke Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/6/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

jpnn.com, WAKATOBI - Kepala Seksi Operasi Korem 143/Haluoleo Lekot Inf. Rizal mengatakan ada ribuan personel gabungan dari TNI-Polri dikerahkan untuk mengawal kegiatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis (9/6).

Ribuan tentara dan polisi dikerahkan di Kota Kendari dan Kabupaten Wakatobi.

BACA JUGA: Sudah Ditelepon Pak Jokowi, Putin Ternyata Masih Ragu soal KTT G20 Bali

"Keseluruhan personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan kedatangan Presiden di Sultra sebanyak 4.500 orang, di Kendari 1.500 dan di Wakatobi 3.500 personel," kata Rizal dikutip dari Antara, Kamis.

Dia menjelaskan personel gabungan akan melakukan pengamanan jalur dan tempat yang dikunjungi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

BACA JUGA: Gema Perhutanan Sosial: Petani Berkomitmen Mengawal Presiden Jokowi

"Ada tujuh titik lokasi pengamanan Presiden, di antaranya Bandara Mataharo Wakatobi, Marina Togo, Kampung Mola, Pasar Pagi, Patuno Resort," kata dia.

Atensi dalam pengamanan kunjungan tersebut ialah agar seluruh agenda Presiden berjalan lancar tanpa hambatan.

BACA JUGA: Jokowi: Ibu Megawati Seperti Keluarga Besar, Jelas, Kan?

"Yang jadi atensi, yang jelas presiden harus aman, berhasil, tertib, tidak ada apa-apa, tetapi tidak mengurangi kedekatan Presiden dengan masyarakat," ujar dia.

Presiden Jokowi sudah mendarat di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara pada Rabu malam untuk kunjungan kerja, Kamis, di Kabupaten Wakatobi. Presiden Jokowi tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Haluoleo, Konawe Selatan, sekira pukul 18.00 Wita, Rabu.

Kedatangan Presiden dan rombongan disambut langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad, Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Teguh Pristiwanto, dan Komandan Lanud Haluoleo Kolonel Pnb. A. Ferdinand Picaulima.

Presiden Jokowi, Ibu Negara, dan rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju Kendari untuk bermalam di sebuah hotel.

Salah satu agenda kunjungan kerja Presiden di Sulawesi Tenggara ialah membuka kegiatan Gugus Tugas Reforma Agrari (GTRA) Summit Wakatobi yang digelar Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Presiden juga diagendakan meresmikan sejumlah pelabuhan dan kapal feri penunjang sarana dan prasarana di Pelabuhan Kaledupa, Binongko, dan Tomia. Jokowi juga akan menyerahkan sertifikat tanah dan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng secara simbolis kepada masyarakat setempat. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Malam-malam Jokowi Tinggalkan Jakarta, Dua Jenderal Menyambut di Depan Pesawat


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler