Presiden Jokowi Jadi Rebutan Pemburu Selfie di Depan Istana

Sabtu, 17 Agustus 2019 – 18:38 WIB
Bendera Merah Putih yang dikibarkan Tim Merah Paskibraka Nasional pagi tadi, Sabtu (17/8), akan diturunkan oleh Tim Putih dalam upacara petang ini. Foto: M Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menemui warga yang berada di luar pagar Istana Merdeka, Jakarta, sebelum upacara penurunan bendera Merah Putih pada Sabtu petang (17/8).

Awalnya, suami Iriana itu menyapa tamu undangan yang telah duduk di tenda di halaman dalam Istana Merdeka yang ingin menyaksikan upacara sore ini.

BACA JUGA: HUT ke-74 RI: Merah Putih Berkibar di Gunung Sindoro

Namun karena melihat di luar Istana juga banyak warga yang antusias mengikuti uoacara, mantan gubernur DKI Jakarta itu pun berjalan ke luar pintu gerbang arah Jalan Medan Merdeka Utara.

Aksi Kepala Negara itu pun disambut antusias oleh masyarakat dengan berebut untuk menjabat tangan suami Iriana itu. Bahkan mantan wali kota Solo itu sempat meladeni beberapa warga yang meminta berswafoto.

BACA JUGA: Usai Acara di Istana, Zulkifli Hasan Ungkap Pesan Presiden

Suasana saat Jokowi berjalan ke luar pagar Istana itu diiringi oleh suara merdu penyanyi Tulus. Saat presiden akan kembali masuk ke halaman Istana, Tulus sempat memghampiri presiden dan berjabat tangan.

BACA JUGA: Jokowi dan JK Kali Ini Datang Pakai Mobil

BACA JUGA: HUT ke-74 RI: Merah Putih Berkibar di Balai Kota San Francisco

Pada upacara penurunan bendera ini, Jokowi bertindak sebagai inspektur. Sementara Tim Putih Paskibraka Nasional akan bertugas menurunkan sang merah putih.

Pembawa bendera Merah Putih di Tim Putih dipercayakan kepada Aisyah Rahmawati, perwakilan dari Provinsi Bengkulu. Dara kelahiran Rena Panjang, 2 April 2003, ini merupakan putri dari pasangan Faturachman dan Suarni. Saat ini Aisyah menempuh pendidikan di SMA Negeri 3 Seluma.

Sementara tiga orang dari Kelompok 8 pada upacara sore ini adalah Muhammad Fany Nur Wibowo dari Provinsi Jawa Tengah sebagai Komandan Kelompok 8, Bagas Satria Wijaya dari Provinsi Lampung sebagai pembentang bendera, dan Zaini Fahmi dari Provinsi Kalimantan Tengah sebagai pengerek bendera.

Dalam menjalankan tugasnya, Tim Putih akan dikomandoi oleh Kapten Marinir Gardika Pradibyo, S.S.T.Han. Pria kelahiran Jakarta, 14 Juni 1988 tersebut saat ini menjabat sebagai Komandan Kompi Beruang Batalyon Infanteri VII Marinir. Dia lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 2011.

Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Kolonel Pasukan Ahmad Sunawar Sholikul Qodri yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1997. Pria kelahiran Sragen, 3 Januari 1976, tersebut saat ini menjabat sebagai Asisten Operasi Kor Pasukan Khas Angkatan Udara.

Adapun Brigadir Jenderal TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr. (Han). akan bertindak sebagai Perwira Upacara sore ini. Dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989. Pria kelahiran Wajo, 3 Agustus 1964, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... HUT Ke-74 RI, PDIP Tegaskan Indonesia Bangsa Pemimpin


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler