Presiden Jokowi Optimistis Gedung di IKN Sudah Terbangun Dalam Waktu Dekat

Selasa, 25 Oktober 2022 – 20:46 WIB
Ilustrasi - Presiden Jokowi optimistis gedung-gedung di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah terbangun dalam waktu dekat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Jokowi optimistis sejumlah gedung di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah terbangun dalam waktu dekat, atau Januari mendatang.

Dia mengatakan hal tersebut saat meninjau kembali pembangunan di IKN yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (25/10).

BACA JUGA: Pemerintah Fokus Berikan Bantuan ke Sektor Swasta

Menurut presiden, gedung yang terbangun pada Januari nanti bukan hanya untuk pemerintahan, tetapi juga yang diperuntukkan dan dipergunakan sektor swasta.

Hal tersebut sebagai penanda pusat perekonomian baru di wilayah IKN.

BACA JUGA: Ketua DPD RI Dorong Pelibatan Pengusaha Lokal Dalam Pembangunan Infrastruktur

"Nanti bisa dilihat di Januari, insyaallah bukan hanya gedung-gedung pemerintah, tetapi private sektor swasta, investor, PPP (public private partnership), sudah pada masuk dan mulai."

"Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan diharapkan terus bergerak," ujar Jokowi sebagaimana keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Presiden juga menyampaikan bahwa pembangunan sejumlah infrastruktur berkembang dengan baik, seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan dan pembukaan akses jalan.

"Land development (pembukaan lahan) untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan."

"Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik," ucapnya.

Presiden Jokowi beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke IKN melewati jalur laut yang akan menjadi wilayah transportasi logistik ke ibu kota baru tersebut.

Kepala Negara menjelaskan pelabuhan di wilayah tersebut nantinya juga akan dikembangkan untuk transportasi publik.

"Sementara dipakai dulu untuk logistik dan nantinya menurut saya di pelabuhan yang sekarang ada ini, ini kan pelabuhan lama, akan dikembangkan juga untuk penumpang dan logistik," katanya.

Presiden optimistis upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024 mendatang dapat digelar di IKN.

"Ya, kalau kerjanya seperti ini, saya kira, insyaallah, bisa, harus optimistis," ucapnya.

Presiden didampingi sejumlah menteri dalam kegiatan kali ini.

Antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono. (Antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler