Presiden: Kalau Swasta 8 Ton, Pekebun juga Bisa

Jumat, 13 Oktober 2017 – 18:03 WIB
Joko Widodo. Foto: Setpres

jpnn.com, SUMATERA UTARA - Presiden Joko Widodo memberikan motivasi kepada para pekebun kelapa sawit di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, saat menghadiri penanaman perdana Program Peremajaan Kebun Kelapa Sawit dan Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Kabupaten Muba, Jumat (13/10).

Menurut Presiden yang akrab disapa Jokowi, peremajaan tanaman kelapa sawit sangat penting dilakukan. Mengingat kondisi kebun khususnya milik rakyat sudah tua, dan rusak. Hal tersebut berdampak pada rendahnya produktivitas salah satu komoditas unggulan tersebut.

BACA JUGA: Jokowi Cocoknya Sama Ahok di Pilpres 2019

Selain itu, sejumlah petani di Tanah Air juga belum menggunakan benih unggul.

“Ini bibit nanti kalau sudah gede bisa produksinya delapan ton per hektare, biasanya pohon (umur) 20 tahun hanya dua ton (per hektare) berarti empat kali lipat,” kata Jokowi.

BACA JUGA: Ahok Masih Dijagokan, Fahri Hamzah: Sudahlah

Namun, dia mengingatkan bahwa tanaman kelapa sawit juga seperti mahluk hidup lainnya yang memerlukan pemeliharaan dan perawatan. Dia pun yakin, jika dipelihara dengan baik maka produktivitas sawit milik masyarakat akan meningkat.

“Kalau swasta bisa (8 ton per hektare), petani, pekebun juga harus bisa,” tegasnya memotivasi pekebun di daerah yang dipimpin Dodi Alex Noerdin.

BACA JUGA: Daftar ke KPU, Hanura Siap Jadi Peserta Pemilu 2019

Tak hanya kelapa sawit, mantan gubernur DKI Jakarta juga berkomitmen akan melanjutkan peremajaan pada komoditas lainnya, seperti karet, kopi, kakao, dan pala.

“Lebih dari 15 tahun enggak pernah dikerjakan. Masak kalah dengan Vietnam urusan pala, kopi kalah dengan Brasil dan Kolumbia. Kita kalah karena dibiarkan, tidak pernah diremajakan,” tegasnya.

Namun, pemerintah tidak ingin terburu-buru. Presiden dan jajarannya akan melakukan identifikasi terlebih dahulu untuk melihat komoditas yang ada di setiap daerah.

"Baru bisa mulai tahun depan kita. Tahun ini mengidentifikasi apa saja yang diperlukan misalnya kopi mungkin, petani ada yang menyampaikan di sekitar Sinabung itu bagus dan butuh peremajaan lalu kita lihat," ujar suami Iriana.

Hadir mendampingi Presiden di acara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hanura Tarik Dukungan untuk Rahmat Effendi?


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler