Presiden Palestina Pastikan Pintu Perdamaian Selalu Terbuka untuk Israel

Rabu, 07 Agustus 2024 – 22:39 WIB
Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Foto: reuters

jpnn.com, MOSKOW - Presiden Palestina Mahmoud Abbas menegaskan bahwa Otoritas Nasional Palestina (PNA) tak pernah menolak bernegosiasi dengan Israel karena yakin bahwa perdamaian di Timur Tengah hanya akan tercapai melalui penyelesaian politik.

"Kami pun berulang kali setuju untuk bertemu Benjamin Netanyahu di Moskow atas undangan Presiden Vladimir Putin yang, seperti rekan-rekan Rusia lainnya, kami percaya," kata Abbas dalam wawancara bersama Sputnik pada Rabu.

BACA JUGA: The Adams Tampilkan Bendera Palestina di Panggung We The Fest 2024

Ia menyatakan, upaya mencapai perdamaian dan keamanan kawasan harus dilakukan melalui solusi politik berdasarkan norma internasional serta poin-poin Inisiatif Perdamaian Arab yang didukung Liga Arab.

Namun, Abbas berkata bahwa otoritas Israel terus merintangi penyelesaian politik dengan "mengesahkan serangkaian undang-undang yang mencegah berdirinya negara Palestina dan menggagalkan upaya mencapai solusi dua-negara".

BACA JUGA: Human Initiative dan Mitra Kolaborasi Berikan Dukungan Kemanusiaan di Palestina

"Kami pun tak menolak menemui pihak Israel, tapi justru mereka yang berpaling dari jalur perdamaian ini," ucap sang presiden Palestina.

Dengan demikian, Abbas menyatakan bahwa fokus pihaknya saat ini adalah untuk mengakhiri agresi tentara Israel terhadap rakyat Palestina yang menjatuhkan korban jiwa dan kehancuran infrastruktur setiap harinya.

BACA JUGA: Menlu RI Menyerukan Agar Israel Hengkang dari Palestina

Ia menegaskan komitmennya untuk terus bekerja sama dengan negara-negara Arab, para anggota Dewan Keamanan PBB, negara anggota Uni Eropa, serta negara-negara besar lainnya untuk memastikan Israel tak lagi mengutamakan pendekatan militer dalam aksinya.

"Serta untuk memastikan tercapainya solusi politik yang akan mengakhiri perang dan berperan untuk mencapai perdamaian yang sempurna dan berkelanjutan," ucap Abbas. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler